Friday, 12 May 2017

author photo
PORTALTEBO.com - Akses jalan perusahaan perkebunan kelapa sawit yang mengaku sebagai Kelompok Tani Sawit Madu Mengkal (Poktan SMB), atau lebih dikenal dengan nama PT.Gultom, kembali blokir oleh ratusan warga Kelurahan Sungai Bengkal (Subeng) Kecamatan Tebo Ilir.

M. Jais, warga setempat saat dikonfirmasi, Jum'at (12/5/2017), mengatakan bahwa aksi penutupan jalan ini dilakukan karena warga merasa kesal dengan pihak Gultom yang tidak menepati janji yang sudah disepakati bersama.

Dituturkannya, bertempat diaula kantor camat Tebo Ilir pada tanggal 21 Desember 2016, pihak PT. Gultom bersama sejumlah perusahaan lainnya pernah berjanji akan melakukan pengerasan jalan dengan menggunakan batu elektrik paling lambat tanggal 30 April 2017. Masing- masing perusahaan dibebankan untuk melakukan pengerasan jalan sepanjang 1 KM.

"Sekarang sudah tanggal 12 Mei alias sudah molor hampir 2 minggu, tapi pengerasan jalan tersebut tak kunjung dikerjakan," ujarnya.

Diakuinya bahwa PT.Gultom dan tiga perusahaan tambang batu- bara yakni PT.AAA, PT.KME, dan PT. Winer memang sudah melakukan pengerasan, tapi volume pekerjaannya tidak sesuai dengan janji yang sudah disepakati.

"Makanya akses jalan ketiga perusahaan tambang batu- bara juga ikutan kita tutup," tambahnya.

Menurut ketua RT 03 Dusun Lamo Kelurahan Sungai Bengkal ini, aksi penutupan jalan tersebut juga sudah sesuai kesepakatan.

"Apabila ketentuan atau kesepakatan tersebut tidak dilaksanakan maka pihak perusahaan tidak diperkenankan melewati jalan milik masyarakat (Jalan Akong, red) tersebut, itu bunyi salah satu point yang sudah kita sepakati bersama pihak perusahaan," jelasnya.

Untuk itu, dirinya minta kepada PT. Gultom dan perusahaan lainnya untuk menghentikan seluruh aktivitasnya sampai tuntutan warga dipenuhi.

"Saya minta pihak perusahaan terkait untuk tidak melakukan aktivitas sampai kesepakatan yang sudah dibuat bersama tersebut dipenuhi," tegasnya.

Sementara, Himawan Susanto, Camat Tebo Ilir belum berhasil dimintai tanggapannya. (p07) 

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement