Sunday, 14 May 2017

author photo
PORTALTEBO.com - Anggota Koramil 416-03 Sungai Bengkal bersama PPL dampingi kelompok tani (poktan Petenangan, Kelurahan Sungai Bengkal Kecamatan Tebo Ilir, tanam padi dengan pola jajar legowo. Hal ini dikatakan oleh Kapten Inf Uli Amri Pospos Danramil 416-03 Sungai Bengkal, Minggu (14/5/2017).

Dikatakan, jenis benih padi yang ditanam adalah inpara III. Penanaman benih padi ini dilahan seluas 37,5 ha yang terdiri dari 35 ha lahan cetak sawah baru, dan 2,5 ha lahan swadaya petani (warga).

"Alhamdulillah, penanaman padi ini terlaksana dengan aman terkendali, "ujar Danramil 416-03 Sungai Bengkal pada PORTALTEBO.com.

Lebih jauh dijelaskannya, untuk saat ini baru seluas 11 ha lahan sawah baru yang siap ditanam. "Dari 37,5 ha, baru 11 ha yang siap tanam. Penanaman ini akan terus dilanjutkan hingga selesai dan lahan seluas 37,5 ha tertanam semua, "tegas dia.


Untuk diketahui, lanjut Danramil, Jajar Legowo merupakan sistem penanaman padi dengan cara mengatur jarak antar benih pada saat penanaman. Pola penanamannya yaitu membuat beberapa barisan tanaman yang kemudian diselingi satu barisan kosong. Tanaman yang seharusnya ditanam pada barisan yang kosong dipindahkan sebagai tanaman sisipan di dalam barisan.

“Sistem tanam ini mampu memberikan sirkulasi udara dan pemanfaatan sinar matahari lebih optimal untuk pertanaman. Kelebihan lainnya, upaya penanggulangan gulma dan pemupukan dapat dilakukan dengan lebih mudah. Yang jelas dengan pola tanam ini produktivitasnya meningkat” pungkasnya. (p08) 

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement