Wednesday, 24 May 2017

author photo
PORTALTEBO.com - Polisi berhasil gagalkan aksi perampokan di bank BRI Kabupaten Tebo yang terletak di jalan lintas Kabupaten Tebo sekira pukul 14.00 Wib. Aksi kawanan perampok ini berjumlah 5 orang dengan membawa senjata laras panjang dan senjata tajam. Dimana kawanan perampok ini masuk melalui pintu utama Bank BRI dan langsung menyandera 2 orang wanita yang sedang mengantri  di loket Teller.

Disaat yang bersamaan, muncul anggota Bhabinkamtibmas yang sedang melaksanakan kegiatan Patroli dan sambang di sekitaran lokasi perampokan. Melihat hal tersebut Bhabinkamtibmas Polsek Tebo Tengah langsung melaporakan hal tersebut kepada pimpinan untuk segera mendapatkan bantuan. Mendengar laporan tersebut, Kapolres Tebo langsung memerintahkan seluruh satfung untuk bersiaga 1.

Selain itu Bhabinkamtibmas terus berusaha dengan melakukan negosiasi terhadap kawanan perampok tersebut. Namun usahanya di tolak dan situasi mulai bertambah panik ketika salah satu kawanan perampok melepaskan tembakan meminta agar para nasabah dan masyarakat sekitar tidak melakukan perlawanan.

Selang beberapa menit, kawanan perampok keluar dengan menyandra 2 orang wanita serta membawa tas yang berisikan sejumlah uang. Disaat itu datang bantuan dari Tim Patroli gabungan Sat Reskrim Polres Tebo dan Sat Sabhara Polres Tebo, namun para kawanan perampok tersebut berhasil melarikan diri dengan menyandera 2 orang nasabah.

Terjadilah aksi kejar – kejaran antara kawanan perampok dengan Tim Patroli gabungan. Setiba nya di simpang padang Lama kawanan perampok ini menerobos Traffic Cone yang disiapkan oleh Sat Lantas Polres Tebo untuk menghambat aksi tersebut.

Mengantisipasi adanya korban dari aksi ini Kasat Sabhara memerintahkan anggota untuk melakukan penghadangan di depan Mako Polres Tebo. Setibanya di depan Mako Polres Tebo Kawanan perampok ini menghentikan laju kendaraanya karena di hadang oleh Tim Gabungan Opsnal Sat Reskrim Polres Tebo yang di pimpin langsung oleh Kabag Ops Polres Tebo Kompol M. Jalaluddin dan di dampingin oleh Kasat Reskrim Polres Tebo Akp Maruli Hutagalung, SH beserta Kanit Buser Ipda CIndo Kottama.buser2

Sebelum di lumpuhkan, Pihak Kepolisian memberikan himbauan kepada kawanan perampok tersebut agar menyerahkan 2 orang yang di Sanderanya. Dengan iming- iming akan mengabulkan permintaan dari kawanan Perampok tersebut, saat kedua Sandra dilepaskan tim Penembak jitu yang sudah mendapat instruksi dari pimpinan langsung bergerak cepat melumpuhkan kawanan tersebut dengan melepaskan tembakan. Akhirnya Polisi berhasil menguasai situasi dan mengamankan sejumlah pelaku.

Kegiatan simulasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapan tugas Kepolisian dalam system pengmanan Bank dan obyek Vital lainnya serta melatih respond cepat polisi terhadap penanganan aksi tindak kejahatan dimana Kepolisian Resot Tebo Jambi melakukan simulasi penanganan Aksi perampokan Bank yang bertempat di Bank BRI Cabang Tebo, Rabu (24/5/2017) dengan melibatkan sebanyak 70 personil.

Kapolres Tebo AKBP Budi Rachmat, S.I.K, M.Si saat dikonfirmasi membenarkan kegiatan simulasi tersebut, pihaknya juga menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan latihan kesiapan siagaan personilnya dalam menghadapi situasi kontijensi.

“Simulasi ini merupakan latihan bagi para personil dalam menghadapi situasi darurat. Baik terhadap bencana alam mupun tindak kejahatan seperti ini. Dimana saat melakukan penanganan tersebut para personil di arahkan melaksanakan kegiatan sesuai dengan SOP yang ada,”ungkap Kapolres Tebo.

Dijelaskan lagi oleh Kapolres Tebo, “Hal ini dilakukan untuk menekan kesalahan anggota saat melaksanakan tugas dilapangan dengan mengedepankan SOP dan ketentuan yang ada serta melakukan Diskresi Kepolisian sesuai dengan penempatannya situasi yang tepat, sehingga dapat mengurangi kesalahan dalam mengambil sebuah tindakan atau keputusan dilapangan,”jelas Kapolres. (red) 

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement