Wednesday, 10 May 2017

author photo
PORTALTEBO.com – Sukatman, yang menjabat sebagai Kepala Desa Sungai Alai Kecamatan Tebo Tengah Kabupaten Tebo, sejak tahun 2016 sampai sekarang, tidak menyangka jika dana hasil kebun TKD berproses di Kepolisian Resort Tebo. Dirinya mengakui pernah dimintai keterangan oleh penyidik sekitar akhir Februari lalu terkait pencairan dana tersebut.

Menurut Sukatman, dikutip dari jnn.co.id, dirinya tidak tahu sama sekali jika Desa Sungai Alai memiliki asset berupa lahan kebun kelapa sawit yang dikelola oleh PT. Jamika Raya. Dirinya baru mendapatkan informasi hal tersebut, setelah dipanggil penyidik untuk dimintai keterangan.

“Sungguh saya tidak tahu sama sekali, bahwasanya ada dana dari hasil kebun TKD Desa Sungai Alai. Untuk apa, kegunaan dana itupun saya tidak tahu sama sekali. Tahunya waktu panggilan itu,” kata Sukatman, Senin sore (8/5/2017).

Informasi yang diterimanya, terakhir dana sebesar Rp. 51 juta yang ditransfer perusahaan PT. Jamika Raya tahun 2015 itu di cairkan sekitar bulan April 2016. Sementara rekening hanya tersisa dana sekitar Rp. 300 ribuan lagi. Penggunaan dana itu, masih belum jelas dibuatkan untuk apa di desa.

“Memang ada proyek pembuatan jalan rabat beton di RT. 5, tetapi apakah proyek itu dari dana ADD atau dana hasil TKD, itulah yang masih dilakukan penyelidikan dan siapa yang menikmati,” jelasnya.

Dilanjutkannya, bahwa sewaktu serah terima jabatan dengan penjabat karateker Kepala Desa lama, Edi Syam dengan dirinya, tidak ada penyerahan administrasi desa. Diakui, pihaknya hanya diserahkan motor dinas dan laptop. Sementara tidak ada LHP pemeriksaan dari Inspektorat tahun anggaran 2015 yang diterimanya.

“Bukti hak asset desa berupa tanah kebun TKD tidak ada di Desa Sungai Alai. Saya hanya melihat potokopi sertipikat hak pakai atas nama Desa Sungai Alai, tetapi tidak tahu yang aslinya ada dimana. Saya akan usahakan mencari tahu dimana sertipikatnya yang asli berada,” tukasnya. (red)

Sumber : jnn.co.id

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement