Wednesday, 3 May 2017

author photo
PORTALTEBO.com - Ternyata Kabupaten Tebo memiliki banyak Destinasi Wisata dan Peninggalan Zaman Dahulu, berikut ini adalah Destinasi Wisata dan Peninggalan versi portaltebo.com.

1. Danau Sigombak terletak di Desa Jambu Kecamatan Tebo Ulu, destinasi wisata ini sudah lama dikenal di Kabupaten Tebo, dan sering dijadikan sebagai ikon Kabupaten Tebo maupun sebagai tempat kegiatan Pemerintah Kabupaten Tebo maupun Organisasi Kemasyarakatan.

2. Makam Sultan Thaha terletak di Kota Muara Tebo, dimana destinasi ini sudah dikunjungi oleh banyak masyrakat di Provinsi Jambi, umumnya pengunjung dari berbagai wilayah Indonesia bahkan luar negeri, khususnya dari Malaysa hampir setiap tahun.
3. Taman Tanggo Rajo juga terletak di Kota Muara Tebo Kecamatan Tebo Tengah, lokasi taman Tanggo Rajo saat ini sudah sangat familiar bagi masyarakat Kabupaten Tebo, sebab selain kondisinya yang indah juga telah di lengkapi berbagai fasilitasi.
4. Benteng Peninggalan pada Zaman Belanda, saat ini Benteng tersebut masih kokoh dan masih sering dikunjungi masyarakat, sebab letaknya tidak terlalu jauh dari Taman Tanggo Rajo.
5. Makam Belanda di Kota Muara Tebo, lokasinya tepat disebelah Makam Sultan Thaha. Saat ini telah di bangun pagar dan mulai terawat dari sebelumnya.

6. Tugu Perjuangan di Simpang Limo Muara Tebo, sempat dipindahkan saat dilakukan pembangunan Tugu Padi, namun saat ini telah dikembalikan di Simpang Limo Muara Tebo.

7. Stadion Tebo, dibangun dengan anggaran sekitar 60 Milyar, kini menjadi bangunan yang menarik perhatian masyarakat sebagai tempat berwisata, namun saat ini pembangunan belum diselesaikan hingga tuntas. Adapun lokasi bangunan masih di dalam Kota Muara Tebo.

8. Masjid Agung Al Ittihad Muara Tebo, salah satu bangunan masjid termegah di Provinsi Jambi terkini, Masjid ini selain sebagai tempat ibadah juga terlihat banyak dikunjungi masyarakat.
9. Danau Tanduk terletak di Aburansos Kecamatan Tebo Tengah, walau jarang dikunjungi namun merupakan tempat yang masih asri untuk berwisata alam.

10. Tanah Ampo, merupakan kekayaan alam yang jarang ditemukan di Dunia, destinasi ini berada di Desa Sungai Keruh, tepatnya dibawah bukit serpihan. Tanah Ampo inipun menurut masyarakat setempat layak dikonsumsi dan tidak pernah habis walau sering diambil.

11. Kantor Pos Muara Tebo, bangunan ini masih menunjukkan ciri khas bangunan Pemerintah Belanda Zaman dahulu, terletak di Kota Muara Tebo.

12. Rumah Wedana Tebo, saat ini telah dijadikan sebagai perumahan Polres, lokasi terletak di dekat Taman Tanggo Rajo.

13. Gelanggang Adu Ayam di Desa Jati Belarik Kecamatan Sumay, keberadaan Destinasi ini mulai diketahui publik sejak kerap di publikasikan dan mulai sering dikunjungi masyarakat.

14. Candi Tuo Sumay, destinasi ini berada di Desa Tuo Sumay Kecamatan Sumay. Destinasi inipun sudah berkali-kali dilakukan penelitian.

15. Bukit Siguntang Kecamatan Sumay.

16. Air Terjun Gajah Mati Muara Kilis di Kecamatan Tengah Ilir.

17. Air Terjun Pademangan di Lubuk Mandarsah Kecamatan Tengah Ilir.

18. Air Terjun Bukit Linting di Muara Kikis Kecamatan Tengah Ilir.

19. Air Terjun Langgas di Kecamatan VII Koto.

20. Air Hangat di Kelurahan Sungai Bengkal Kecamatan Tebo Ilir.

21. Gua Teluk Putih di Dusun Tanjung Sari Kelurahan Sungai Bengkal Kecamatan Tengah Ilir.

22. Batu Cincin Tanjung Sari di Dusun Tanjung Sari Kelurahan Sungai Bengkal.

23. Sayang Tebuang di TPU Sungai Bengkal Kecamatan Tebo Ilir.

24. Taman Bukit Sari di Kecamatan Tebo Ilir.

25. Bukit Tiga Puluh tang meliputi Wilayah VII Koto hingga Kecamatan Tengah Ilir.

26. Bukit Dua Belas yang berada di wilayah Kecamatan Muara Tabir.

27. Makam Sultan Thaha di Kecamatan Muara Tabir, tepatnya di Desa Plak Kemang.

28. Situs Peninggalan Sultan Thaha di Desa Betung Bedarah Barat Kecamatan Tebo Ilir.

29. Patung Gapura Banyu di Jalan 11 Kecamatan Rimbo Bujang, dibangun pada tahun 1978.

30. Jembatan Jihan di Betung Bedarah Barat Kecamatan Tebo Ilir.

31. Wisata Suku Anak Dalam di Sungai Dahan, dimana pada destinasi ini Suku Anak Dalam yang terkenal berpindah pindah atau melangun, saat ini sudah menetap, bahkan sudah membuat perkampungan sendiri di Desa Muara Kilis Kecamatan Tengah Ilir.

32. Jembatan Gantung Tuo Sumay di Kecamatan Sumay. Saat ini jembatan tersebut masih di fungsikan masyarakat sebagai akses jalan dan objek foto selfie.

(red)

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement