Wednesday, 3 May 2017

author photo
PORTALTEBO.com - Olahraga tradisional merupakan cikal bakal budaya yang harus dilestarikan secara berkelanjutan agar tidak mengalami kepunahan. Untuk melestarikan dan mengembangkan olahraga tradisional ini, Najib Kabid Pengembangan olahraga Dinas Pemuda Dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Tebo, saat ini tengah mengidentifikasi beragam olahraga tradisional yang masih ada di Tebo. Hal itu sebagai salah satu bentuk upaya melestarikan olahraga tradisional yang merupakan warisan leluhur.

“Jika kita lihat, banyak olahraga tradisional lokal yang saat ini hampir punah sebagai dampak dari perkembangan teknelogi. Harus ada langkah dan upaya untuk tetap melestarikan dan mengembangkanya, "ujar Najib pada PORTALTEBO.com, Rabu (3/5/2017).

"Saat ini, kami di Dispora terus mendata kembali potensi tradisional lokal untuk dikembangkan,” kata dia lagi.

Selain mendata olahraga tradisional, saat ini Dispora Tebo juga tengah mempersiapkan diri untuk mengikuti event olahraga tradisional se Provinsi Jambi, diantaranya olahraga tradisional cabang Enggar dan Hadang.

"Masih banyak lagi jenis olahraga tradisional yang mulai dilupakan masyarakat, khususnya para generasi muda. Untuk sementara kita mengembangkan enggar dan hadang, "ucapan dia.

Untuk itu, Najib mengajak kepada seluruh pelaku olahraga tradisional atau permainan-permainan tradisional, agar disosialisasikan kembali kepada anak-anak agar mereka mengerti dan mengetahui olahraga atau permainan tradisional yang ada di lingkungan atau daerah mereka.

“Olahraga tradisonal merupakan bagian dari pembangunan karakter dan wawasan kebangsaan, oleh karenanya perlu untuk dilakukan pembudayaan terhadap olahraga ini, ” pungkasnya. (p08) 


This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement