Thursday, 30 March 2017

author photo
PORTALTEBO.com - Pemerintah Kabupaten Tebo melalui Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Ketahanan Pangan Penyuluhan Pertanian (DTPH Dan KP) Tebo, menggelar lomba cipta menu pangan Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) tingkat kabupaten Tebo, di aula utama kantor Bupati Tebo, Kamis (30/3/2017). Lomba ini secara resmi dibuka oleh Bupati Tebo yang diwakili oleh Abu Bakar Plt Sekda Tebo.

Perlombaan yang bekerja sama dengan TP. PKK Kabupaten Tebo ini diikuti perwakilan seluruh kecamatan se kabupaten Tebo dan intansi di ruang lingkup Pemkab Tebo.

Dalam sambutannya, Sarjono Ketua Pelaksana yang juga kepada DTPH Dan KP Tebo mengatakan, lomba ini diikuti oleh 30 tim atau peserta. Tim ini terdiri dari 18 peserta dari intansi Pemkab Tebo dan 12 kecamatan se Kabupaten Tebo. "Selain itu ada juga intansi yang yang ikut namun tidak menjadi peserta atau hanya menjadi contoh, yakni tim dari DTPH Dan KP Tebo, RSUD STS Tebo, Perpustakaan Tebo dan Dinas Perkebunan, Peternakan dan Perikanan (Disbunnakan) Tebo.

Lomba ini, lanjut Sarjono, dinilai oleh lima orang tim juri yang independen. Juri ini, kata dia, terdiri dari TP PKK Tebo dan intansi terkait.

"Nantinya, pemenang lomba akan menjadi duta Tebo untuk mengikuti lomba yang sama di tingkat provinsi. Jika menang tingkat provinsi, akan mewakili Jambi di tingkat nasional, "kata Sarjono.

Sementara, Abu Bakar Plt Sekda Tebo mengatakan, sudah menjadi komitmen bersama bahwa salah satu cara menciptakan sumber daya manusia berkualitas dan unggul, adalah dengan memperbaiki kualitas konsumsi pangan masyarakat.

Konsumsi pangan berkualitas, imbuhnya, dapat diwujudkan apabila makanan yang dikonsumsi sehari-hari, mengandung zat gizi lengkap, sesuai kebutuhan tubuh dengan jumlah yang berimbang antar kelompok pangan berdasarkan cita rasa, daya cerna, serta daya terima dan daya beli masyarakat.

"Pangan merupakan kebutuhan dasar manusia paling utama dan pemenuhan pangan merupakan hak azazi setiap masyarakat. Karenanya, upaya pemenuhan pangan masyarakat perlu dicarikan solusinya" imbuhnya.

Kemudian, sambung Plt Sekda, ketahanan pangan perlu secara terus menerus diwujudkan dan dimantapkan. Yaitu, terpenuhinya pangan bagi negara sampai dengan perorangan yang tercermin dari tersedianya pangan yang cukup, baik jumlah maupun mutunya, aman, beragam, bergizi, merata dan terjangkau, serta tidak bertentangan dengan agama, keyakinan dan budaya masyarakat, sehingga dapat hidup sehat, aktif dan produktif secara berkelanjutan.

"Sehubungan dengan hal itu, tentu diperlukan upaya meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat tentang penganekaragaman pangan melalui penyediaan pangan yang B2SA, sehingga tercipta SDM yang berkualitas, " ucapnya.

Untuk itu, Plt Sekda menyambut baik atas dilaksanakannya lomba cipta menu pangan B2SA dan Ikan ini. "Saya berharap, melalui lomba ini seluruh masyarakat di daerah ini, khususnya kaum ibu rumah tangga, bukan hanya meningkat wawasannya, tetapi juga semakin kreatif dan inovatif dalam mengolah bahan makanan B2SA Dan Ikan, "pungkasnya. (p08) 

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement