Wednesday, 15 March 2017

author photo
PORTALTEBO.com - Hingga saat ini kejelasan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Kabupaten Tebo belum juga ada titik terang. Pasalnya, Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Tebo lempar tanggung jawab, bahkan enggan untuk berkomentar terkait permasalahan UNBK tersebut.

Dinas Pendidikan, malalui Panitia UNBK Kabupaten Tebo, Musafak, saat dikonfirmasi sejumlah awak media enggan untuk berkomentar, bahkan dirinya menolak keras untuk diwawancarai dan keluar ruangan dengan mengabaikan sejumlah wartawan tersebut.

"Saya tidak mau diwawancara, bukan apa, saya kasian sama orang tua saya," kata Musafak dengan singkat.

Terkait permasalahan tersebut, Ketua Komisi I, Dewan Perwakilan Rakyat (DRP) Tebo, Nuryanto saat dikonfirmasi mengatakan bahwa, dirinya akan lakukan Sidak kesekolah-sekolah yang akan melaksanakan UNBK nantinya, apaakah benar sudah siap atau tidak.

"Dalam waktu dekat kami dari Komisi satu akan melakukan Sidak atau mengkruscek langsung kesekolah-sekolah yang akan melaksanakan UNBK," terangnya.

Dia juga menjelaskan, dengan adanya hal ini, dirinya bisa mengetahui apa saja yang dikeluhkan oleh semua pihak sekolah, tidak mungkin semua sekolah itu akan siap melaksanakan UNBK, karena perlengkapan ujian terbilang banyak.

"Inilah saatnya kita akan mengetahui apa saja yang kurang di sekolah-sekolah tersebut, apalagi Ujian ini bertarap Nasional," jelasnya.

Lanjutnya lagi, Mengenai persoal Kepala Diknas saat mau diwawancarai yang melemparkan persoalan UNBK ini kepada bawahannya itu sangat tidak tepat dan tidak etis, seharusnya, seorang kepala Diknas harus bertanggung jawab atas tugasnya. Dan dirinya juga akan melakukan Komunikasi untuk mengklarifikasi dengan pihat yang terkait, tentang sejauh mana persiapan UNBK dikabupaten Tebo, karena ini merupakan program Nasional.

"Kita juga akan tanya kepada kepala Diknas sejauh mana kesiapan tentang kegiatan Nasional ini, kalau memang belum siap, tidak usah diajukan kasian nanti dengan para Siswa kita karena ini bersifat Nasional," teranya lagi.

Seharusnya seorang Kepala Diknas kalau memang tidak mau sampaikan kepada Bupati, atau memang masih banyak yang kurang dari segi material dan lain sebagainya sampaikan kemitranya, dalam hal ini DPR dibidangnya.

"Mungkin, kami dari Komisi satu bisa memcari solusi tentang apa saja kekurangan-kekurangan untuk UNBK nantinya," pungkas Nuryanto ketua Komisi I DPRD Tebo. (p08) 

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement