Selama Masa Tenang, KPUD Tebo Larang Timses Kampanye Di Medsos

- 13:23:00
advertise here
PORTALTEBO.com - Sesuai aturan, terhitung 12 Februari 2017 telah memasuki masa tenang. Meski demikian, masih banyak tim sukses calon dari dua calon kandidat yang melakukan kampanye di media sosial, terutama Facebook.

Terkait hal ini, Riance Juscal Komisioner KPUD Tebo minta kepada semua tim sukses pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Tebo untuk ikut menjaga situasi saat masa tenang agar tetap kondusif. Salah satunya dengan tidak berkampanye melalui media sosial. Dia juga mengingatkan akun media sosial pasangan calon yang selama ini digunakan untuk kampanye, agar dinonaktifkan.

Dijelaskan Riance, masa tenang Pilkada sudah diatur Pasal 67 UU No. 1 Tahun 2015.
(1) Kampanye sebagaimana dimaksud dalam Pasal 65 ayat (1) dilaksanakan 3 (tiga) hari setelah penetapan calon peserta Pemilihan sampai dengan dimulainya masa tenang.
(2) Masa tenang sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berlangsung selama 3 (tiga) hari sebelum hari pemungutan suara.

Pasal 187 ayat (1) Setiap orang yang dengan sengaja melakukan Kampanye di luar jadwal waktu yang telah ditetapkan oleh KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota untuk masing-masing calon, dipidana dengan pidana penjara paling singkat 15 (lima belas) hari atau paling lama 3 (tiga) bulan dan/atau denda paling sedikit Rp100.000,00 (seratus ribu rupiah) atau paling banyak Rp1.000.000,00 (satu juta rupiah).

Pasal 1 angka 15 PKPU 12 Tahun 2016: Kampanye Pemilihan, yang selanjutnya disebut Kampanye, adalah kegiatan menawarkan visi, misi, dan program Pasangan Calon dan/atau informasi lainnya, yang bertujuan mengenalkan atau meyakinkan Pemilih.

"Jadi selama masa tenang tidak boleh melakukan sosialisasi atau kampanye. Begitu juga sosialisasi dan kampanye di medsos," tegas Riance, Selasa (14/2/2017). (p08)