Disorot Masyarakat, DPP Tebo Langsung Perbaiki Tanaman Dan Lampu Jalan

- 15:56:00
advertise here
PORTALTEBO.com - Dinas Pemukiman dan Perkotaan (DPP) Kabupaten Tebo, khusunya  Bidang pertamanan dan Penerangan Lampu Jalan, langsung tanggap terhadap sorotan masyarakat terkait kondisi lampu jalan dan tanaman di jalan dua jalur kota Tebo.

Terlihat, pihak DPP langsung memperbaiki beberapa titik lampu jalan yang rusak. Tidak itu saja, DPP juga merawat dan menggantikan tanaman yang rusak atau mati.

"Begitu dapat informasi dari masyarakat, kita langsung memperbaiki lampu jalan yang rusak. Begitu juga dengan tanaman di median jalan," ujar M. Habibi, ST Kabid Perumahan di DPP Tebo.


Dikatakan Bibi sapaan M. Habibi, ST, pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin untuk memperhatikan lampu jalan maupun tanaman di sepanjang jalan dua jalur Tebo.

Tidak itu saja, lanjut dia, pihaknya juga akan memperhatikan lampu jalan dan tanaman di tempat-tempat lain dalam wilayah Kabupaten Tebo. "Ini memang sudah tugas dan komitmen kita memperhatikan lampu jalan dan tanaman, "tegas dia.

"Kami sangat terimakasih kepada masyarakat yang telah mengkritik dan memberi masukan positif atas kinerja kami di DPP, "pungkasnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, sejak berada dibawah naungan Dinas Pemukiman dan Perkotaan, kinerja Bidang pertamanan dan penerangan lampu jalan banyak menuai sorotan. Pasalnya dua bulan terakhir sejak berubahnya OPD, tanaman di jalan dua jalur banyak yang mati kekeringan. Selain tanaman keberadaan lampu penerangan jalan umum diberbagai titik ada yang tidak berfungsi.

Sorotan tersebut dilontarkan oleh Anto salah seorang warga Tebo Tengah. Dikatakannya, tanaman disepanjang jalan dua jalur keberadaannya luput dari perhatian petugas. Padahal lanjut dia waktu masih dibawah Dinas Kebersihan Pertamanan dan Perkotaan (dulu DKPP) hampir tiap pagi dirinya melihat petugas yang menyirami tanaman.

"Sekarang malah jarang sayo nengok ado petugas yang nyiram kembang," katanya meyakini.

Terlebih lanjut dia mulai dari simpang Padang Lamo hingga Simpang Tugu tanaman yang ada di Pot tidak layak ditanam. "Itu yang di pot kering galo. Mungkin dak ado petugas yang nyiram. Kalau lah mati yo ganti barulah," pintanya.

Selain tanaman dijalan dua jalur, fasilitas lainnya seperti lampu penerangan jalan dibeberapa titik ada yang tidak berfungsi. Seperti lampu di jalan menuju stadion, sedikitnya ada lima tiang yang lampunya mati total. Tidak itu saja, pemasangan lampu juga asal-asalan. Pasalnya ada beberapa lampu posisinya tidak beraturan.

"Itu kena tiup angin bang, makonyo berputar dak lurus lagi " sebut Bujang juga warga Kecamatan Tebo Tengah.

Diketahui lebih lanjut, banyaknya lampu yang berubah posisi yrrsebut akibat seling penyangga lampu terlalu tipis. Akibatnya mudah berubah jika tertiup angin. "Mungkin platnya terlalu tipis, jadi kalau ditiup angin berputar," sebunya meyakini.

Dirinya berharap ada respon dari dinas terkait untuk memperhatikan serta memperbaiki fasilitas umum. Selain menghabiskan anggaran yang besar, manfaat didapat masyarakat juga minim. "Mubazirlah, ya minta diperbaiki lah kinerjanya. Kalau ada lampu putus kiranya cepat diganti. Kan masyarakat kena beban juga bayarnya," ketusnya.

Sementara itu menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pemukiman dan Perkotaan Tebo, Prayitno ketika dihubungi koran ini berulang-ulang ponselnya bernada tidak aktif. (p08)