Sunday, 12 February 2017

author photo
PORTALTEBO.com - Hasil kerja keras selama ini dalam pendampingan anggota Koramil 416-03 Sungai Bengkal membuahkan hasil. Terbukti, Minggu (12/2/2017), Serka Zarkisman Anggota Koramil 416-03 Sungai Bengkal dampingi PPL dan petani yang tergabung dalam kelompok tani (poktan) Rimbo Pulai panen padi sawah.

Kapten Inf Uli Amri Pospos Danramil 416-03 Sungai Bengkal mengatakan, Poktan Rimbo Pulai menanam padi di lahan sawah tadah hujan. Sedikitnya, untuk satu hektare sawah menghasilkan 4,1 ton padi. "Hasilnya menurun karena musim kemarau," ujar Danramil.

Menurut Danramil, Poktan Rimbo Pulai termasuk salah satu kelompok tani yang cukup maju dalam mengolah sawah. Karena sudah menggunakan peralatan mekanik seperti hand tracktor.Juga telah menggunakan pola tajarwo.

"Usaha sudah maksimal. Karna faktor alam (musim kemarau) hasil padinya menurun, "tuturnya.


Lanjut dia, dalam membantu petani Serka Zarkisman tidak hanya pada saat panen saja, namun sejak mulai pembibitan hingga panen juga turun tangan juga ikut mengawasi, bersama Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan).

Selain itu juga, lanjut Danramil, Serka Zarkisman memberikan sosialisasi pada petani tentang pertanian yang baik serta memberikan penjelasan pasca panen, sehingga usai panen para petani bisa memahami apa yang harus dilakukan dan dipersiapkan guna menghadapi musim tanam selanjutnya.

"Yang jelas semua upaya sudah dilakukan untuk memaksimalkan hasil panen. Mudah-mudahan kedepannya kedepannya kita bisa lebih bisa mengantisipasi kemarau agat hasil padi petani memuaskan, "pungkasnya. (p08) 

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement