40 Hari Disegel Petani, PT. PAH Diduga Coba Suap Pengurus KUD OGMI

- 10:35:00
advertise here
PORTALTEBO.com - Kendati aktivitasnya sudah dihentikan oleh petani yang tergabung dalam Koperasi Unit Desa (KUD) Olak Gedong Melako Intan (OGMI) sejak 40 hari yang lalu, pihak perusahaan perkebunan kelapa sawit PT Persada Alam Hijau (PAH) bukannya memenuhi tuntutan petani, tapi diduga malah mencoba menyuap pengurus koperasi baru yang terpilih tanggal 1 Februari lalu. Hal ini diungkapkan oleh Sanusi, wakil ketua KUD OGMI.

Dia mengatakan, pada Sabtu malam (11/2/2017) ada dua orang perwakilan menejemen PT. PAH menemui salah satu pengurus koperasi dan meminta agar pengurus koperasi yang baru mau membuka portal (segel) yang dipasang ratusan petani pada tanggal 4 Januari 2017 lalu.

"Intinya mereka menjanjikan sejumlah uang (suap, red) apabila pengurus koperasi mau mengambil kebijakan tanpa koordinasi dengan petani untuk membuka segel tersebut," ujar Sanusi.

Namun, kata Nusi lagi, salah satu pengurus koperasi yang didatangi tersebut bukannya malah menerima tawaran dimaksud, tapi malah berang dan mengusir oknum pihak perusahaan yang tersebut.

Saat ditanya siapa nama  pengurus koperasi dan oknum pihak perusahaan yang coba melakukan penyuapan tersebut Sanusi tidak mau menyebutkan namanya.

"Saya kira nama itu tidak penting yang jelas ini sudah menjadi komitmen kami pengurus koperasi yang baru yaitu sebelum kami mengambil keputusan, kami akan  musyawarah dengan petani atau anggota koperasi terlebih dahulu, apalagi keputusan yang penting seperti ini," tuturnya.

"Jadi pihak perusahaan jangan macam- macam, ini menyangkut kepentingan orang banyak," kata Nusi lagi.

Sementara, Saudara Butar- Butar, menejer kebun PT.PAH sampai saat ini belum berhasil dikonfirmasi. Ditelpon berulang- ulang kendati aktif namun tetap tidak ada respon.

Diketahui sebelumnya berdasarkan surat dari PT.PAH kepemkab tebo tertanggal 16 januari 2017 ditegaskan bahwa pihak perusahaan akan melakukan mediasi dan negoisasi terkait penyegelan tersebut setelah KUD OGMI melakukan Rapat Anggota Luar Biasa (RALB) dengan agenda pembentukan pengurus baru. (p07)