Wednesday, 11 January 2017

author photo
PORTALTEBO.com - Suku Anak Dalam (SAD) Desa Muara Kilis Kecamatan Tengah Ilir, akan mengembangkan tanaman buah naga. Tanaman buah naga ini akan dikembangkan dilokasi pemukiman mereka (SAD) di Sungai Dahan. Niat mengembangkan tanaman buah naga ini langsung disampaikan oleh Temenggung Apung, salah seorang pimpinan kelompok SAD Sungai Dahan kepada Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura Dan Ketahanan Pangan (TPHKP) Kabupaten Tebo, Rabu (11/1/2017).

Didampingi Temenggung Tupang Besak dan Mahraman (Temenggung Kecik) serta Ahmad Firdaus pendampingan SAD Tebo, Temenggung Apung mengatakan bahwa pengembangan tanaman buah naga ini untuk membantu perekonomian kelompok mereka. "Buahnya sangat diminati masyarakat, "kata dia kepada Kadis TPHKP.

Dijelaskan Apung lagi, tanaman buah naga nantinya akan ditanam atau dikembangkan disepanjang jalan masuk pemukiman mereka. Selain itu, tanaman buah naga nantinya akan ditanam diperkarangan rumah mereka. "Kalau lahan sudah ada. Yang kami butuhkan sekarang bibitnya," ujar Apung.

Niat warga SAD ini langsung disambut oleh Ir. Sarjono Kadis TPHKP Tebo. "Kita punya stok sekitar 400 batang bibit tanaman buah naga. Silahkan ambil dan Bagikan kepada warga disana,"kata Sarjono.

Tidak hanya bibit, lanjut Sarjono, pihaknya juga akan membantu racun rumput untuk membersihkan lahan yang akan ditanami buah naga. "Nanti pihaknya akan kita bantu juga,"ujarnya.

Menurut Sarjono, Budidaya buah naga telah dilakukan sejak beberapa tahun yang lalu. Bahkan, sudah banyak petani yang berhasil dengan pengembangan tanaman buah naga ini. "Sudah banyak yang berhasil dari budidaya buah naga ini karena buahnya sangat diminati masyarakat," kata dia.

Saat ini, kata Sarjono, pihaknya terus berupaya melakukan kerjasama dengan masyarakat untuk pengembangan tanaman buah naga ini. "Jadi sangat pas kalau warga SAD ingin mengembangkan tanaman ini. Apalagi lokasinya di pemukiman SAD Sungai Dahan, sangat cocok karena sinar matahari sangat lantang disana. Mudah-mudahan kedepannya tanaman ini bisa berkembang dan menjadi salah satu penopang ekonomi warga SAD, "tuntasnya. (p08) 

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement