Monday, 30 January 2017

author photo
PORTALTEBO.com - Rapat Anggota Luar Biasa (RALB) dengan agenda pembentukan pengurus baru KUD Olak Gedong Melako Intan (OGMI) Kelurahan Sungai Bengkal, Kecamatan Tebo Ilir, yang rencananya akan dilaksanakan pada Rabu mendatang (1/3/2017), di aula kantor Camat Tebo Ilir, dianggap berpotensi ricuh. Pasalnya, pada rapat lanjutan sebelumnya, dari 876 peserta yang diundang tidak memenuhi quorum. Ini disebabkan oleh pro dan kontra anggota terhadap pengurus koperasi yang lama. Hal ini disampaikan oleh Iswanto, salah satu petani yang tergabung dalam KUD OGMI.

"Terlebih pengurus yang lama dengan sesuatu alasan tentunya akan bertahan mati- matian dan akan menghalalkan segala cara agar mereka bisa terpilih kembali, contohnya sejumlah peserta yang hadir pada rapat sebelumnya bukanlah anggota koperasi atau petani. Sedangkan didalam anggaran dasar KUD OGMI itu sendiri sudah ditegaskan bahwa masing- masing anggota hanya memiliki satu hak suara, tidak boleh diwakilkan kepada siapapun tanpa terkecuali. Dan menurut saya hal- hal seperti inilah yang nantinya akan memicu keributan," tuturnya.

Lanjutnya, rapat anggota luar biasa yang direncanakan Rabu nanti dengan aksi unjuk rasa yang sebelumnya berjalan damai itu situasinya berbeda.

Dijelaskannya, situasi berbeda karena massa yang hadir saat aksi unjuk rasa itu masih satu komando, sedangkan didalam rapat anggota itu nantinya tidak akan ada pro dan kontra.

Untuk mencegah agar yang dikwatirkan tersebut tidak terjadi, menurut dia, pemerintah harus over aktiv, selain meningkatkan pengamanan tentunya pemerintah harus mengambil langkah antisipasi agar rapat tersebut benar sesuai dengan aturannya.

"Ini menyangkut khalayak banyak, jangan sampai ada kesan ditengah masyarakat ada pembiaran dari pemerintah," tandasnya. (p07)

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement