Wednesday, 25 January 2017

author photo
PORTALTEBO.com - Komitmen Pemerintah Kabupaten Tebo dalam mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat memang bukan isapan jempol belaka. Buktinya hingga akhir tahun 2016 ini, sudah ada 20 puskesmas yang tersebar diseluruh wilayah Kabupaten Tebo. Keseriusan dalam memberikan pelayanan kesehatan yang optimal kepada masyarakat menjadi program utama Dinas Kesehatan Tebo.

Seperti diketahui bahwa pada Tahun 2015 saja, Tiga Puskesmas berhasil berdiri untuk memberikan pelayanan kesehatan. Diantaranya 2 Puskesmas Baru di teluk Rendah Kecamatan Tebo Ilir. Dan Puskemas Bangun Seranten di Kecamatan Tabir. Selain itu juga satu Postu Jambu Menjadi Puskesmas Jambu di Kecamatan Tebo Ulu. Ditambah lagi 9 unit puskesdes berhasil di didirikan pada 2015. Sedangkan pada Tahun 2016, Pustu Semabu Kecamatan Sumay  Menjadi Puskesmas Suo Suo yang belum diresmikan.

Tidak hanya itu, bahkan setiap tahun fasilitas pelayanan terus meningkat. Berdasarkan data yang diriluis Dinkes Tebo, sedikitnya ada 41 Pustu, 20 Puskesmas dan 14 gedung Rawat Inap sebagai fasilitas kesehatan yang dimililiki oleh Pemkab Tebo Ditambah RSUD STS Tebo yang siap melayani masyarakat selama 24 jam.

Setiap tahun, Pemkab Tebo juga selalu memberikan penghargaan dan reward kepada tenaga kesehatan yang berprestasi dan bekerja secara optimal. Penghargaan tersebut langsung diberikan Bupati Sukandar. Baik puskemas berprestasi, Tenaga Medis Teladan, Tenaga Keperawat teladan, Dokter kecil, Balita indonesia, dan Desa PHBS.

Berbagai Prestasi di Bidang kesehatan juga terus diraih bebrapa Tahun terakhir baik itu di Tingkat Provinsi maupundi Tingkat Nasional. Seperti Juara III Desa PHBS Tingkat Provinsi Jambi yang di raih oleh Desa Sari mulyo Rimbo Ilir pada Tahun 2011. Pada tahun 2012 Diikuti SMP 12 Rimbo Ilir yang menjadi Juara 1 Sekolah Sehat Tingkat Nasional, Juara 3 Tenaga Medis Teladan Tingkat Provinsi Jambi dan Juara 2 Lomba Balita Indonesia Tingkat Provinsi Jambi.

Pada Tahun 2013, kembali Tebo meraih juara 2 Desa PHBS Tingkat Provinsi jambi, Juara 1 puskesmas Berprestasi Tingkat Provinsi Jambi, Juara 1 di dua katagori Tenaga Kesehatan ( Tenaga Gizi dan para medis)  Puskesmas Tingkat Provinsi Jambi. Yang paling mengenbirakan ialah pada tahun 2015, Desa Bangun Seranten Muara Tabir menjadi Juara 1 (satu) Desa PHBS Tingkat Provinsi Jambi dan menjadi wakil Provinsi Jambi pada Lomba Desa PHBS Tingkat Nasional.

Sedangkan di tahun 2016 ini, Sebanyak dua Pusat Layanan Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kabupaten Tebo diakreditasi Kementerian Kesehatan Rebuplik Indonesia (Kemenkes RI). Dua Puskesmas Yang diakreditasi ialah Puskesmas Pulau Temiang di Kecamatan Tebo Ulu dan Puskesmas Rimbo Bujang 2 di Kecamatan Rimbo Bujang. Kegiatatan yang laksaka oleh tim Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dari Kementrian Kesehatan RI.

“Dengan meningkatnya fasilitas kesehatan kita berharap pelayanan juga meningkat, dan semoga pembangunan yang sudah di wujudkan dapat bermanfaat bagi masyarakat Tebo,”pungkasnya. (p08) 

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement