Tuesday, 10 January 2017

author photo
PORTALTEBO.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tebo, menerbitkan ratusan lembar Kartu Tanda Penduduk (KTP) sementara menyusul kosongnya blanko e-KTP di daerah ini.

Menurut keterangan Kabid Kependudukan dan Capil, Bekti Feri Densi, kosongnya blanko e-KTP tersebut sudah terjadi sejak September 2016 lalu dan sampai saat ini belum ada kiriman dari Kemendagri.

"Jumlah warga yang sudah mengurus KTP sementara ini jumlahnya sudah mencapai ratusan orang, mereka terpaksa menggunakan KTP sementara untuk keperluan administrasi kependudukan," kata Bekti.

Habisnya blanko e-KTP itu sendiri kata dia, bukan hanya dialami Tebo melainkan di seluruh wilayah di Indonesia terhitung 10 September 2016 lalu, menyusul belum adanya perusahaan yang akan melaksanakan pengadaan blanko e-KTP di pusat.

Dirinya mengatakan tidak, mengetahui hingga kapan kosongnya blanko e-KTP ini berakhir. Pasalnya pemerintah pusat hingga kini belum menyampaikan informasi terkait ketersediaan blangko E KTP.

Kendati demikian pihaknya tetap memberikan pelayanan kepada warga yang ingin membuat atau melakukan perekaman e KTP. Sejauh ini warga yang membutuhkan KTP sementara untuk keperluan administrasi dapat menggunakan KTP sementara yang berlaku selama lima bulan. "Berlaku selama 5 bulan," sebutnya.

"Surat keterangan KTP sementara ini sama sahnya dengan KTP yang asli. Jadi jangan kuatir, warga masih tetap bisa menggunakannya," timpalnya.

Sementara itu perkembangan perekaman data e-KTP dalam 12 kecamatan di Tebo terhitung sampai dengan 31 Desember 2016 tercatat sudah 80 persen jumlah wajib KTP sedangkan sisanya belum.

"Target tahun 2017 semua warga Tebo sudah melakukan perekaman dan miliki KPT El," tuntasnya. (p08) 

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement