Thursday, 5 January 2017

author photo
PORTALTEBO.com - Sebelum terbentuknya Dinas pemuda dan olahraga (Dispora) serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Tebo yang sebelumnya masih tergabung dalam Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora), ternyata salah satu komunitas aktif di Tebo jauh-jauh hari sebelumnya telah membuat lagu daerah dengan tujuan untuk melestarikan kearifan lokal.

Diketahui komunitas tersebut adalah komunitas satu tanggo rajo Tebo-Indonesia atau yang biasa disingkat menjadi KSATRIA ini, menciptakan lagu daerah karena berharap agar pemuda kreatif dikabupaten Tebo memang diperhatikan. Apalagi dalam penciptaan lagu tersebut memang yang menciptakan adalah pemuda asli Tebo. Jadi untuk kedepannya nanti ini bisa menjadi perhatian khusus intansi terkait yang berhubungan dengan pemuda dan kebudayaan Tebo tentunya. Dengan tujuan agar pemuda Tebo bisa terus kreatif tanpa melibatkan orang luar.

Selain itu, jika kedepannya nanti ada event atau pementasan seni yang dilakukan dikabupaten Tebo. Hal ini dikatakan langsung oleh salah satu pendiri KSATRIA, Koko kepada PORTALTEBO.com, Kamis (05/01/2016).

"Kita berharap agar pemuda diperhatikan. Apalagi dalam hal ini untuk intansinya sudah ada yang menangani yang berkaitan dengan masalah pemuda dan olahraga. Diharapkan dalam pelaku seni nantinya anak-anak muda asli Tebo jangan lagi tidak digunakan bila ada acara atau kegiatan yang berhubungan dengan kedaerahan karena terbukti pemuda Tebo sendiri untuk saat ini sudah bisa berkarya dan bahkan membuat lagu daerah dengan kemasan lirik yang memang sangat terpatri dengan bahasa daerah Tebo sendiri," ujarnya.

Apalagi informasi yang ada pada saat ini, lanjut Koko, ada intansi yang menangani pemuda memang sudah ada.  Lucu jika pemuda yang benar-benar kreatif di Tebo diabaikan. Pasalnya, dari hasil pantauan dia, hingga saat ini pemuda di Tebo diberikan peluang dan diberikan wadah aspirasi, jelas mereka (Pemuda, red) akan terus berkembang. Ditambah lagi jika memang diperhatikan, maka kegiatan negatif yang sering berdampak pada anak muda akan sedikit demi sedikit berkurang karena sudah memiliki rutinitas.

"Untuk komunitas aktif yang berada di kabupaten Tebo sudah mulai meningkat. Jadi harapannya Dispora Tebo atau Disdikbud Tebo berikan  perhatian khusus untuk para pemuda yang memiliki kreatifitas. Ini demi regenerasi seni atau pemberdayaan budaya Tebo untuk kedepannya nanti bisa diakomodir sendiri oleh anak muda Tebo, khusus dengan pemberian ruang dan tempat oleh intansi yang ada dan memiliki kaitan erat dengan pemuda dan kebudayaan," harapnya. (p12)

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement