Sunday, 8 January 2017

author photo
PORTALTEBO.com - Dalam rangka mencegah dan mengurangi dampak kebakaran hutan dan lahan di Tebo, Koramil 416-03 Sungai Bengkal bersama Masyarakat Peduli Api (MPA) terus melaksanakan patroli rutin di kawasan rawan Karhutla. Hal ini dikatakan oleh Danramil 416-03 Sungai Bengkal Kpt Inf Uli Ambri Pos Pos.

Dijelaskannya, patroli rutin kali ini dilaksanakan oleh Sertu Efekno Babinsa Sungai Jernih, Kecamatan Muara Tabir. "Ini memang sudah kegiatan rutin kita. Setiap Babinsa bersama MPA rutin gelar patroli di daerah rawan Karhutla, "kata Danramil pada PORTALTEBO.com.

Patroli rutin ini, lanjut Danramil, selain untuk mencegah terjadinya Karhutla, juga untuk melakukan pemetaan terhadap wilayah rawan Karhutla.

"Ini juga merupakan cara kita melakukan pendekatan kepada masyarakat. Kita memberikan pengertian dan himbauan agar tidak lagi membuka lahan dengan cara membakar, "jelas Danramil.

"Cara membuka lahan dengan cara dibakar ini sering dilakukan oleh masyarakat ataupun perusahaan karena tidak memerlukan biaya yang besar, oleh karena itu pihak perusahaan maupun perorangan kadang tidak memperhitungkan akibatnya jika membuka lahan perkebunan dengan cara membakar sangat besar resikonya dan dapat menimbulkan permasalahan, "kata dia lagi.

Untuk itu, Danramil menghimbau kepada masyarakat maupun perusahaan agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar. Pasalnya, selain dampaknya sangat merugikan banyak orang, juga bisa dikenakan sanksi pidana.

"Membuka lahan dengan cara membakar dampak dan akibatnya sangat merugikan banyak orang. Selain timbulnya asap yang mengakibatkan penyakit ISPA, api yang ditimbulkan dapat merambat dan membakar hutan atau lahan lain yang berada di sekitarnya, "tuntasnya. (p08) 

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement