Sunday, 18 December 2016

author photo
PORTALTEBO.com - Ikrar Demarkasi, SH, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Kualatungkal, Tanjab Barat, menjadi salah satu pemateri pada pelatihan Dana Desa bagi Kades terpilih se Kabupaten Tanjab Barat tahun 2016. Pelatihan yang digelar oleh KBBPMP Tanjab Barat ini pun mendapat apresiasi oleh seluruh peserta.

Menurut peserta, pelatihan ini merupakan suatu motivasi bagi Kades dalam melaksanakan pengelolaan dana desa agar benar benar mengikuti aturan dan presedur yang ada.

Seperti yang diungkapkan oleh Ismail Hanafi Kades Serdang Jaya. Dia mengaku sangat mendukung kegiatan pelatihan yang digelar oleh Kantor KBBPM Tanjab Barat untuk Kades baru ini.

Alasannya, karena nara sumber yang didatangkan panitia dalam penyampaian materi itu dari pihak Kejari Kualatungkal sangat bagus. "Mungkin saya pribadi cukup jelas, apa yang disampaikan oleh pak Kasi Intelijen Kejari Kualatungkal Ikrar Demarkasi,SH,MH itu," ungkap Hanafi, Minggu (18/12/2016).

Apalagi, lanjut dia, nara sumber yang satu ini memberikan materi itu secara singkat, padat dan jelas.

"Beliau (Ikrar Demarkasi) berpesan dalam melaksanakan pengelolaan dana desa itu agar disesuaikan dan ikuti aturan petunjuk yang ada. Kalau memang dilapangan terjadi Mar Up atau tidak sesuai dengan RAB. Maka sebelum terjadi itu beliau menyarankan dapat mengkordinasikan ke pihak mereka, karena mereka tidak langsung menindak, artinya memberikan pembinaan terlebih dahulu," bebernya.

Menurut dia, dengan adanya penyampaian seperti ini dari pihak hukum. Artinya, dalam melaksanakan pengelolaan dana desa kedepannya para kades dapat berhati-hati dan harus teliti.

"Saya sangat apresiasi sekali dengan nara sumber dari Kejari itu. Ini menjadi motivasi saya untuk was-was dan sebaik mungkin dalam mengelola dana desa kedepan nya," timpalnya.

Selain itu, Hanafi juga mengucapkan terima kasih kepada para nara sumber yang sudah berbagi ilmu pengetahuan kepada para kepala Desa sebagai peserta pelatihan tersebut.

"Saya juga sangat berterima kasih, dengan adanya penyampaian beliau saya banyak mendapatkan ilmu pengetahuan. Beliau itu kesan nya tidak menakut nakuti dan beliau memberikan support kepada kami," tuturnya.

Disamping itu juga, ditambah dia kasi Intelijen Kejari ini juga menyarankan, jika ditemukan oknum mengatas namakan yang kesannya untuk menakut-nakuti kades, agar segera melaporkan ke pihak hukum.

"Betul pak, kami juga diberi nomor kontak oleh pak Kasi intel itu. Saya harap dengan adanya bintek dan pelatihan ini kedepan agar saling terbuka," tukasnya seraya mengeluhkan kini pihaknya minta pendamping teknis di Kecamatan belum ada.

Salah Kades yang ikut pelatihan itu juga menambahkan, bila perlu dengan adanya pelatihan ini, kedepan keluhan Kades terhadap pendamping dana desa aktif agar dapat digerahkan.

"Sekarang ini memang kita harapkan pendamping dana desa itu agar aktif," ungkap salah satu kades yang enggan disebutkan nama nya itu.

Terpisah, Kasi Intelijen Kejari Kualatungkal, Ikrar Demarkasi,SH,MH, dalam sesi tanya jawab menuturkan bahwa saat ini para peserta itu menginginkan agar pendamping dana desa dapat aktif.

"Kita harapkan kepala desa agar dapat merekrut seluruh aparat desa dan tidak bekerja sendiri. Aktif minta petunjuk pendapat dari KBBPMP, dan intansi terkait sehubungan dana desa," saran Ikrar.

Ada beberapa poin penting yang telah disampaikan waktu itu. Menurut dia, kepala Desa agar bisa tahu dan paham tugas fungsi Kejaksaan Negeri Kualatungkal.

"Kita mencegah agar kepala Desa pengelola dana desa ini tidak terjadi penyimpangan sejak dini," timpal pria yang baru pulang pendidikan itu.

Bahkan, ditambah Ikrar TPK pengelola dana desa Tanjab Barat sebelum nya juga diberikan pelatihan yang sama.

"Jadi materi yang kita sampaikan tidak jauh beda dengan Kepala Desa ini," tukasnya.

Diingatkan, Peserta yang mengikuti pelatihan Dana Desa itu berjumlah 43 Kepala Desa bagi Kades terpilih di Tanjab Barat. Kegiatan berlangsung di Hotel Arriyadh Kualatungkal dimulai dari tanggal 16 s/d 18 Desember 2016. (p11) 

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement