Monday, 19 December 2016

author photo
PORTALTEBO.com - Jelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2018, pedagang trompet keliling dari luar daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat sudah mulai menjajakan barang dagangan mereka.

Hampir seluruh sudut dalam kota Kualatungkal, pedagang musiman ini mewarnai daerah serengkuh dayung serentak ketujuan.

Trompet yang dijual pedagang musiman ini berpariasi harganya, mulai dari harga Rp 10 ribu hingga Rp 20 ribu juga dipajang mereka. Bahkan, mulai dari trompet bulan, trompet plastik, hingga trompet berbentuk naga sekalipun juga turut dipajang mereka.

Yono salah satu pedagang trompet keliling dalam Kota Kualatungkal itu kepada media ini mengaku, dia menjual trompet didalam Kota Kualaungkal ini sudah lama. Hanya saja, dia menjual trompet ini di momen momen tertentu seperti tahun baru ini.

Trompet yang dijualnya ini dibeli nya dari luar daerah Kualatungkal. "Kita datang dari bandung, bahan untuk membuat trompet ini kita bawa dari sana dan belum jadi. Setelah tiba di tungkal baru kita jadikan untuk dijajakan," ungkap pria berkulit sawo matang itu.

Dijelaskan dia, memang trompet yang dijual dia tersebut memiliki harga yang berpariatif. "Kalau yang bentuk naga itu trompet nya kita jual memang agak sedikit mahal dari trompet yang lain," bebernya.

Ketika disinggung mengenai keuntung, Yono mengaku, semua ini tergantung rezeki yang diberikan oleh Allah SWT. Sementara itu, dia sendiri tidak berani memperediksikan keuntungan yang didapatnya, karena semua ini sudah diatur oleh yang kuasa.

"Kalau berbicara keuntung itu relatif. Rezeki tergantung dari Allah kita pasrah saja," tandasnya.

Senada, Ikrom pedagang yang sama menuturkan, berdagang trompet ini tidak sama dengan berdagang seperti nasi goreng, gorengan dan apam. Mengingat bedagang trompet ini boleh dikatakan bedagang tahunan atau musiman saja.

"Saya jualan tropempet ini hanya seling selingan saja untuk menyambut tahun baru, tentu peminatnya banyak," ungkap pria berdarah melayu itu.

Dijelaskan dia, trompet yang dijual oleh dia ini hampir sama juga dengan trompet yang di jual oleh pedagang lain yang ada tersebut. "Kalau harga hampir sama dengan pedagang lain yang jual," tuturnya.

Bahkan, sambung pria berkulit sawo matang itu, hampir semua pedagang musiman ini selalu meraup keuntungan besar jika hari 'H' penggantian tahun ini tiba. Pembelinya pun relatif, mulai dari anak anak hingga orang dewasa sekalipun juga banyak menggunakan nya.

"Kita siapkan hampir seribu trompet yang akan dijual tahun ini," targetnya.

Dari pantauan media ini dilapangan, tidak hanya trompet saja yang menjadi primadona di hari penggantian tahun ini dicari masyarakat, namun sejumlah makanan laut pun juga kerap melambung tinggi harga nya, lantaran banyak yang merayakan hari penggantian tahun ini dengan makan bersama. Wajar jika, kebutuhan tersebut sulit didapatkan. (p11)
Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement