Tuesday, 6 December 2016

author photo
Kpt Inf Zulkarnaini Danramil 416-04 Pulau Temiang bersama BPD Kuamang cek lahan cetak sawah baru 
PORTALTEBO.com - Sepertinya, lahan cetak sawah baru di desa Kuamang, Kecamatan VII Koto menjadi perhatian khusus Koramil 416-04 Pulau Temiang. Pasalnya, pasca cetak sawah baru tersebut, petani belum bisa mengarap lahan sawahnya karena terkendala belum ada saluran air (irigasi).

Untuk mengatasi kendala tersebut, akhirnya masyarakat atau petani Desa Kuamang swadaya membuat saluran air agar sawah cetak baru tersebut bisa digarap.

"Terpaksa masyarakat menyewa alat berat atau eskapator untuk membuat irigasi. Alhamdulillah, sekarang lahan cetak sawah baru tersebut sudah memiliki irigasi," kata Kpt Inf Zulkarnaini Danramil 416-04 Pulau Temiang saat mendapingi Hasan, BPD Kuamang, Selasa (6/12/2016).


Dijelaskannya Kpt Inf Zulkarnaini, swadaya masyarakat membuat saluran air tersebut adalah bentuk semangat masyarakat petani untuk turun kesawah. "Petani semangat untuk turun kesawah, makanya mereka swadaya menyewa eskapator untuk membuat irigasi (saluran air), "kata Danramil lagi.

Sayangnya, kata Danramil, saat ini para petani terkendala alat pertanian atau alsintan traktor untuk mengarap lahan sawah tersebut. Akibat, hanya 50 ha lahan cetak sawah baru yang baru bisa tergarap.

Untuk itu, Danramil minta kepada intansi terkait agar membantu alsintan traktor kepada petani desa Kuamang agar, lahan cetak sawah baru bisa segera dimanfaatkan.

"Tinggal 60 ha lagi yang belum digarap dan belum tau kapan bisa digarapnya. Mudah-mudahan pemerintah bisa memberikan bantuan alsintan traktor agar petani tetap semangat dan bisa turun kesawah, "pungkas Danramil berharap. (p08) 

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement