Monday, 28 November 2016

author photo
PORTALTEBO.com - Demi kelancaran aktivitas warga Desa Teluk Rendah Ulu, Kecamatan Tebo Ilir, besok pagi Selasa (29/11/2016), seluruh truck yang mengangkut tandan buah segar (TBS) sawit yang akan bongkar muat dipabrik kelapa sawit (PKS) PT Persada Harapan Kahuripan (PHK) atau PT Makin Desa Teluk Rendah Ulu, terpaksa distop. Hal itu dilakukan agar pihak perusahaan lebih fokus memperbaiki jalan.

"Besok kita fokus untuk melakukan perbaikan jalan. Agar tidak mengganggu aktivitas alat berat yang memperbaiki jalan, makanya seluruh truck yang bermuatan sawit dan minyak CPO akan kita stop. Sementara kita arahkan untuk lewat jalan Desa Betung Bedarah Timur," ujar A.Fauzi, kades Teluk Rendah Ulu (TRU) sewaktu dijumpai dilokasi jalan pangkal bloteng- teluk rendah yang rusak, Senin (28/11/2016).

Dikatakan kades, tindakan tersebut terpaksa dilakukan untuk memperlancar aktivitas masyarakat termasuk pelajar dan para guru yang menempuh jalan tersebut.

"Kemarin aktivitas warga sempat lumpuh total karena ada truck pengangkut sawit yang terpuruk, sehingga pengendara roda dua yang mayoritas warga setempat tidak bisa lewat sama sekali karena terhadang truck. Untuk antisipasi jangan sampai hal tersebut terjadi lagi kita sudah meminta pihak perusahaan untuk sementara mengalihkan truck pengangkut tbs sawit melalui jalan desa Betung Bedarah Timur," tuturnya.

"Pengalihan jalan tersebut selain agar tidak mengganggu aktivitas warga, tujuanya agar alat berat milik PT Makin bisa leluasa melakukan perbaikan disejumlah titik jalan yang rusak parah," tambah Fauzi.

Lanjut Kades, pihaknya juga sudah meminta pihak perusahaan untuk menyiram sirtu pada disejumlah titik jalan yang rusak tersebut.

"Tadi katanya (Pihak perusahaan, red) akan mengirim sirtu tersebut sore ini. Mudah- mudahan akan segera datang dan besok tinggal menghamparnya saja," kata kades lagi.

"Jalan Pangkal Bloteng tersebut bukan hanya sebagai akses jalan warga desa Teluk Rendah Ulu, tapi juga sebagai jalan penghubung ke desa Teluk Rendah Pasar dan Teluk Rendah Ilir," jelasnya.

Menurutnya, merupakan suatu kewajiban bagi pihak perusahaan untuk memperbaikinya karena angkutan bermuatan berat yang lewat dijalan tersebut hanya truck angkutan milik PT.Makin.

"Seandainya ada truck sawit warga yang lewat itupun tujuannya mau kepabrik PT.Makin," pungkas kades.

Seperti diberitakan sebelumnya, warga dusun Pangkal Bloteng desa Teluk Rendah Ulu meminta pihak PT Makin untuk segera memperbaiki jalan tersebut.

"Kami minta pihak perusahaan bertanggung jawab atas kerusakan jalan Pangkal Bloteng- Teluk Rendah ini. Karena kendaraan merekalah (PT Makin) yang merusak jalan tersebut," ujar Sabarudin, salah seorang warga setempat.

"Bagaimana jalan ini tidak hancur kalau saat musim hujan seperti sekarang masih dilalui truck bermuatan sawit dan minyak CPO milik perusahaan," tuntasnya. (p07) 
Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement