Monday, 28 November 2016

author photo
Oleh Bahren Nurdin, SS., MA

Saya harus ekstra hati-hati menulis artikel ini karena jangan sampai ada yang beranggapan bahwa saya subjektif dan memihak. Sebagai pengamat saya harus objektif dan sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) saya tidak boleh berpolitik praktis (mendukung salah satu kandidat). Tulisan ini hanya ulasan singkat terhadap data yang ada dengan harapan bisa memberikan pencerahan kepada semua pihak. Semoga.

Portaltebo.com, sebuah situs berita online di Kabupaten Tebo yang banyak diakses oleh masyarakat. Saat artikel ini ditulis (25/11/2016: 9.20 wib), Portaltebo telah memiliki pengunjung sebanyak 693.865. Ada hal yang menarik untuk dicermati, saat ini Portaltebo sedang mengadakan polling untuk pembancanya menyangkut perhelatan pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) Kabupaten Tebo 2017. Pertanyaan yang diajukan adalah “siapakah calon bupati dan wakil bupati favorit anda?”. Ketentuan yang ditayangkan 1). Nomor urut berdasarkan urutan yang ditetapkan KPU; 2). 1 alamat IP/devices bisa vote setiap hari.

Sebelum kita membahas hasil polling ini ada baiknya sedikit kita melihat beberapa catatan tentang polling. Polling dalam Bahasa Indonesia juga disebut ‘jajak pendapat’ yang merupakan salah satu teknik pengumpulan data dalam penelitian atau survey. Polling banyak digunakan untuk melihat pendapat masyarakat terhadap suatu peristiwa, fenomena, isu, dll. Polling biasanya tidak menggunakan perhitungan-perhitungan  statistik yang kompleks dan rumit.  Perlu diketahui pula bahwa masa berlaku hasil polling singkat; cenderung hanya berlaku terhadap suatu masa tertentu atau topik yang sedang berkembang di tengah masyarakat.

Hasil polling yang dilakukan Portaltebo menunjukkan angka-angka statistic berikut. Jumlah pemilih (voters) yang berpartisipasi sebanyak 460 orang. Sebanyak 333 orang menyatakan Pasangan Calon Hamdi – Harmain Calon Bupati dan Wakil Bupati Tebo yang mereka favoritkan. Sebanyak 133 pemilih menyatakan Pasangan Calon Sukandar – Syahlan yang menjadi favorit. Jika diprosentasekan dari jumlah pemilih, Paslon Hamdi-Harmain 72,3% dan Paslon Sukandar – Syahlan 27,7%.

Mengacu pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (versi online) makna Favorit adalah 1. orang yang diharapkan (dijagokan, diunggulkan) untuk menjadi juara: 2. kesayangan; kegemaran. Jika demikian, menurut hasil polling ini, Paslon Hamdi – Harmain adalah pasangan calon yang diharapkan, dijagokan dan diunggulkan pada pilkada di Kabupaten 2017 mendatang. Tapi harus diingat bahwa salah satu ciri polling bersifat sementara. Itu artinya, hasil polling ini bisa saja berubah setiap saat. Di samping itu, Karena polling ini dilakukan secara online, maka sampling (voters) yang mengikuti polling ini juga tidak diketahui pasti apakah para voters yang memiliki hak pilih di Tebo atau tidak.

Apa yang harus dilakukan kedua pasangan calon melihat Polling ini? Polling ini memang tidak dapat dijadikan rujukan ilmiah untuk memprediksi perolehan suara pada pemilihan mendatang. Namun demikian, polling ini dapat dijadikan rujukan bagi kedua paslon dan tim sukses untuk melihat tingkat elektabilitas secara umum. Paling tidak, polling ini memberi gambaran seberapa dikenal kedua paslon oleh masyarakat (khususnya masyarakat dunia maya). Kedua paslon bisa terus mensosialisasikan visi, misi, dan program-program kerja kepada masyarakat sehingga masyarakat terus mengetahui calon pemimpin mereka. Semoga.

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement