Monday, 28 November 2016

author photo
Petani yang tergabung KUD OGMI saat aksi demo di PT PAH beberapa waktu lalu 
PORTALTEBO.com - Atas desakan ratusan petani dan Pemerintah Kabupaten Tebo, akhirnya pengurus KUD Olak Gedong Melako Intan (OGMI) mitra perusahaan PT Persada Alam Hijau (PAH) Kelurahan Sungai Bengkal, Kecamatan Tebo Ilir bersedia melaksanakan rapat anggota (RA) pada Kamis, 1 Desember 2016. Rapat anggota ini dijadwalkan pukul 08.30 Wib diaula kantor camat Tebo Ilir. Hal ini disampaikan oleh Isya, wakil sekretaris KUD OGMI.

"Undangan sudah kita sebarkan kepada seluruh anggota koperasi, baik kepada petani pemilik lahan koperasi atau kelompok tani maupun petani pemilik lahan pribadi yang bermitra dengan PT PAH," ujar Isya kepada PORTALTEBO.com.

Dia meminta kepada seluruh petani untuk dapat hadir pada RA tersebut, "Ada 876 orang petani yang bermitra dengan PT PAH. Kami minta semuanya datang, baik yang berada dalam maupun diluar wilayah Kelurahan Sungai Bengkal, seperti yang berada di Muara Bungo, kota Jambi dan yang di daerah lainnya," tambahnya.

Dirinya mengakui bahwa sejak pembentukan pengurus tahun 2007 lalu, KUD OGMI yang memiliki lahan berkisar 1700 hektar ini belum pernah melaksanakan RA.

"Kita melaksanakan RA bukan hanya karena desakan dari petani, tapi juga karena kita ingin membenahi kepengurusan KUD OGMI itu sendiri," kata Isya lagi.

Ia juga meminta Pemkab Tebo dalam hal ini Dinas Perindagkop dan UKM Tebo untuk hadir didalam RA tersebut.

"Kami sangat berharap pihak Disperindagkop Tebo bisa hadir. Terus terang saja selaku pengurus koperasi kami juga kurang mengetahui secara jelas bagaimana aturan dan UU koperasi itu sebenarnya. Padanya intinya kami ingin RA yang dilaksanakan nantinya sesuai dengan aturan agar tidak jadi masalah dikemudian hari, makanya kehadiran pihak Disperindagkop sangat kami butuhkan," tandasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, sejumlah permasalahan yang berujung aksi unjuk rasa dari ratusan petani mitra PT PAH akhir- akhir ini salah-satunya disebabkan tidak ada keterbukaan antara pengurus koperasi terhadap anggotanya. Disisi lain Disperindagkop dan UKM Tebo sebagai instansi yang berkewajiban  membina seluruh koperasi yang ada di Kabupaten Tebo juga sudah mengultimatum KUD OGMI untuk segera melaksanakan rapat anggota.

"Kami minta KUD OGMI segera melaksanakan RA untuk membentuk kepengurusan yang baru. Jika tidak KUD OGMI terpaksa akan kami bekukan sesuai surat edaran dari kementerian koperasi," tegas Zulkarnain baru- baru ini. (p07) 


This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement