Tuesday, 25 October 2016

author photo
PORTALTEBO.com - Petani yang tergabung dalam Serikat Petani Indonesia (SPI) Kecamatan Serai Serumpun, Kecamatan Sumay dan Kecamatan Tebo Ilir, Selasa (25/10/2016) gelar aksi unjuk rasa (unras). Aksi unras SPI gabungan dari 3 kecamatan ini digelar di Camp Barak Manggatal PT. Lestari Asri Jaya (LAJ) Sungai Menggatal, desa Muara Sekalo, Kecamatan Sumay.

Massa yang berjumlah sekitar 200 orang ini, sebelumnya berkumpul di rumah Luhut Thomas Simbolon. Setelah berkumpul, Junawal Korlap aksi bersama yang juga merupakan ketua SPI wilayah DPC Kabupaten Tebo dan Ahmad Ashari ketua SPI wilayah DPC Kabupaten Merangin, mengarahkan massa berjalan kaki lebih kurang 2 Km menuju Camp Barak Manggatal PT LAJ.

Sementara, atribut yang digunakan dalam aksi ini diantara, bendera merah putih, bendera SPI dan sepeda motor sekitar 100 unit‬.

Sekira pukul 12.30 Wib, massa tiba didepan kantor barak Manggatal dan langsung melakukan orasi yang disampaikan oleh Junawal dan Ahmad Ashari. Dalam orasinya, massa menuntut agar alat berat milik PT LAJ yang berada di Desa Napal Putih, Kecamatan Serai Serumpun, agar ditarik mundur.

Selain itu, massa juga menuntut, lahan milik petani SPI yang telah digusur oleh perusahaan (PT LAJ), agar dikembalikan kepada petani, dan perusahaan tidak boleh melakukan penggusuran lagi terhadap lahan yang telah dikuasai petani SPI.‬

Usai orasi, akhirnya pihak perusahaan bersedia mediasi dengan perwakilan petani SPI. Mediasi antara petani SPI yang diwakili oleh Junawal, Ahmad Ashari, Berry Purba dengan pihak PT. LAJ yakni Deswan Menejer Pembangunan wilayah Manggatal Kecamatan Sumay, Pungky Menejer Perawatan dan Penanaman wilayah Manggatal Kecamatan Sumay, Menejer Wanamukti Albert Sihombing, Kapolsek serai serumpun, serta perwakilan Danramil, selesai hingga pukul 14.10 Wib.

Dari hasil mediasi ini didapat kesepakatan, lahan milik petani SPI yang sudah digusur atau dikerjakan pihak PT LAJ, akan dilakukan pendataan secara otentik dan diserahkan ke pihak PT LAJ serta akan dilakukan kroscek dilapangan secara bersama - sama.‬

Aksi unjuk rasa selesai dilaksanakan pada pukul 16.00 Wib. Atas pengaman dari pihak kepolisian, TNI dan Securiti PT. LAJ, aksi berjalan dengan aman dan kondusif.

Kapolres Tebo, AKBP Aman Guntoro, SIK, dikonfirmasi membenarkan adanya aksi demo yang di gelar oleh petani SPI di lokasi PT LAJ.

"Benar, ada aksi demo yang digelar petani SPI di lokasi PT LAJ. Tidak ada anarkis, aksi berjalan dengan aman dan kondusif," kata Kapolres Tebo. (tim) 

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement