Sunday, 23 October 2016

author photo
PORTALTEBO.com - Sejak pembentukan pengurus tahun 2007 silam hingga sekarang Koperasi Unit Desa (KUD) Olak Gedong Melako Intan (OGMI) yang bermitra dengan perusahaan perkebunan kelapa sawit PT Persada Alam Hijau (PAH) Kelurahan Sungai Bengkal, Kecamatan Tebo Ilir baru sekali melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun 2013 yang dilaksanakan pada tanggal 27 Januari 2014 atas desakan petani.

"KUD OGMI harus segera laksanakan Rapat anggota, karena sejak pembentukan pengurus koperasi OGMI pada tahun 2007 silam, KUD OGMI baru sekali melaksanakan rapat anggota yakni RAT tahun 2013 yang dilaksanakan tanggal 27 januari 2014," ujar Ikhsan, Kabid Koperasi Disperindagkop dan UKM Kabupaten Tebo.

"Yang kita terima hanya laporan  RAT tahun 2013 saja, sebelum maupun sesudahnya tidak ada. Jadi kami minta KUD OGMI untuk melaksanakan Rapat anggota, jika tidak dilaksanakan maka KUD OGMI terpaksa akan dibekukan sesuai surat edaran dari kementerian koperasi yang kami terima beberapa waktu lalu," ancamnya.

"Jadi sekali lagi KUD OGMI harus segera melaksanakan rapat anggota, tidak ada alasan karena surat teguran sudah beberapa kali kita sampaikan," tegasnya.

Sebelumnya Kepala Dinas Perkebunan (Kadisbun) Kabupaten Tebo juga meminta KUD OGMI untuk segera melaksanakan RAT.

"Kami minta KUD OGMI untuk segera melaksanakan rapat anggota. Sebagaimana diketahui bahwa KUD OGMI belum pernah melaksanakan rapat anggota sejak pembentukan pengurus tahun 2007 silam," ujar Ir. Supadi, kadisbun Tebo sewaktu dikonfirmasi baru- baru ini.

"Semua permasalahan yang terjadi di PT. PAH berkaitan erat dengan koperasi termasuk soal bagi hasil. Jadi bagaimana petani bisa tahu bagaimana keuangan koperasi, bagaimana juga petani bisa tahu jika ada penyimpangan- penyimpangan yang dilakukan, baik oleh pihak perusahaan maupun ketua koperasi itu sendiri. Koperasi itu adalah sebuah organisasi bukan milik pribadi, sesuai aturan perundang- undangan, koperasi harus melaksanakan rapat anggota paling sedikit satu tahun sekali dan ini tidak pernah dilakukan oleh KUD OGMI, masa hampir 9 tahun berdiri ketua koperasinya itu- itu saja," bebernya.

"Sekarang benahi dahulu koperasi, bentuk kepengurusan yang baru, kalau koperasinya saja belum beres bagaimana kita bisa melangkah kehal- hal yang lain," pungkas Supadi. (p07) 

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement