Friday, 14 October 2016

author photo
Prosesi serah terima jabatan dari Sahabat Ketua Demisioner Ricky Wijaya kepada Sahabat Deby Erwin 
PORTALTEBO.com - Jangan pernah melupakan sejarah. Sejarah bagi generasi yang akan datang bukanlah hanya sebuah tulisan mati yang tanpa arti, namun catatan-catatan sejarah selain dibuat untuk mengabadikan perjalanan masa lampau, juga sekaligus menjadi cerita yang dapat dipetik hikmahnya bagi perjuangan di masa yang akan datang.

Sama halnya dengan sejarah Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Tebo. Perlu diketahui bahwa merefleksikan perjalanan organisasi dari masa ke masa menjadi sebuah hal penting dan mengakar-tradisi bagi segenap warga PMII.

Hingga saat inipun momentum hari lahir PMII Tebo yang jatuh pada tanggal 14 Oktober setiap tahunnya menjadi instrumen untuk menguatkan pembangunan dan pengembangan organisasi. Dengan melihat sejarah dan torehan-torehan prestasi dimasa lalu akan menumbuhkan spirit untuk terus menjaga dan meningkatkan eksistensi PMII di tengah dinamika gerakan keislaman dan kebangsaan saat ini.

Hari ini, 14 Oktober 2016 adalah hari bersejarah bagi segenap warga Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Cabang Tebo. Dimana 13 tahun yang silam, tepatnya 14 Oktober 2003 pertama kali PMII memulai kiprahnya di Bumi Seentak Galah Serengkuh Dayung.

Pada masa itu, dengan kondisi Kabupaten Tebo yang masih baru memisahkan diri dari Kabupaten Bungo, ditambah lagi dengan kondisi Kabupaten Tebo yang masih memiliki sedikit kampus tentunya menjadi benturan dalam mendirikan organisasi mahasiswa islam yang berhaluan Ahlussunah Wal Jama'ah ini.

Walaupun menghadapi banyak kesulitan, namun sejarah kemudian mencatat, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Cabang Tebo dalam perjalanannya terbukti mampu mewujudkan keselarasan dengan lingkungan dimana ia tumbuh dan berkembang, yaitu STAI Ma'arif Jambi yang terletak di Kota Muara Tebo.

Hingga saat inipun selama 13 tahun PMII Tebo telah turut mewarnai dinamika gerakan kemahasiswaan, baik itu dalam dinamika internal PMII Tebo maupun dalam  pergumulan antar organisasi mahasiswa ekstra kampus di lingkungan STIT Kabupaten Tebo saat ini, serta beberapa kampus lainnya.

Lahir Dari Proses Mapaba PMII Cabang Bungo

Keberadaan PMII Cabang Bungo yang lebih awal telah berdiri menjadi gerbang kelahiran PMII Tebo. Dimana pada masa itu (2003) Kampus STAI Ma'arif Jambi yang berada di Kabupaten Tebo mendapat undangan Mapaba dari PMII Cabang Bungo.

Undangan tersebut langsung diberikan kepada Sahabat Kholilurrahman selaku Presiden BEM STAI Ma'arif Jambi di Kabupaten Tebo waktu itu, kemudian undangan ini dibahas oleh anggota BEM pada massa itu. Sehingga disepakati mengirimkan peserta Mapaba (Masa Penerimaan Anggota Baru) ke Cabang PMII Bungo sebanyak Lima orang, yaitu adalah Sahabat Kholilurrahman, Sahabat Dawam, Sahabat Azwar Anas, Sahabat Rohim, dan Sahabat Muhammad Azri.

"Awalnya kami mendapatkan undangan Mapaba dari PMII Cabang Bungo, saat itu yang berangkat saya, Sahabat Dawam, Sahabat Azwar Anas, Sahabat Rohim, dan Sahabat Muhammad Azri,"ujar Kholilurrahman yang akrab disapa Bujang Kholil ini.

Dilanjutkannya cerita tersebut, Kelima mahasiswa ini adalah mahasiswa STAI Ma'arif Jambi yang ketika itu membuka kelas jauh di Kabupaten Tebo, Kelima mahasiswa tersebut sejak awal hingga akhir sesuai jadwal mengikuti Mapaba tahun 2003 yang bertempat di gedung Darmawanita Kabupaten Bungo, dimana kegiatan Mapaba pada waktu itu berlangsung selama satu hari satu malam, dan sepulang dari Mapaba inilah lahir keinginan untuk mendirikan PMII di Kabupaten Tebo.

Berbekal Mapaba Gagas Pendirian Cabang PMII Tebo 

Meskipun baru mengikuti proses Mapaba, namun Kelima mahasiswa Tebo ini melalui program jangka pendek memberanikan diri melaksanakan Mapaba di Kabupaten Tebo untuk memperkenalkan dan merekrut anggota baru di STAI Ma'arif Jambi.

Hasil yang sangat memuaskan disaat itu dalam meningkatkan kualitas yang dibarengi kuantitas, para Sahabat mampu melakukan perekrutan anggota baru hingga ke Kampus STIT Al Falah Rimbo Bujang, Kholilurrahman mengaku selain jarak yang cukup jauh untuk di tempuh, mengajak mahasiswa kampus lain untuk bergabung menjadi anggota PMII menjadi tantangan yang sangat mengesankan.

Tidak sampai disitu, Kholilurrahman dan sahabat-sahabatnya membentuk program jangka panjang, yaitu mempersiapkan status Komisariat STAI Ma'arif Jambi menjadi Pengurus Cabang PMII Persiapan Kabupaten Tebo.

Periode - Periode Awal Kepengurusan PMII Cabang Persiapan Tebo 

Hadirnya Sahabat Kholilurrahman, Sahabat Dawam, Sahabat Azwar Anas, Sahabat Rohim, dan Sahabat Muhammad Azri pada Mapaba Tahun 2003 PMII Cabang Bungo menjadi langkah awal berdirinya PMII Cabang Tebo saat ini.

Dimana sebelum di tetapkan secara hukum atau dikeluarkan surat keputusan, Kholilurrahman sempat di tunjuk sebagai Ketua sementara dalam upaya mempersiapkan Komisariat STAI Ma'arif Jambi menjadi PMII Cabang Persiapan Tebo. Namun seiring berjalan waktu akhirnya keluar surat keputusan yang menetapkan Dawam sebagai Ketua Umum PMII Cabang Persiapan Tebo.

Kepengurusan PMII Cabang Tebo dari Masa ke Masa

Pada usia yang telah mencapai 13 Tahun ini, dari masa ke masa secara resmi sesuai dengan Surat Keputusan Pengurus Besar PMII, PC PMII Tebo hingga saat ini telah dipimpin oleh 7 Ketua Umum, dan melaksanakan prosesi penerimaan anggota baru setiap tahunnya.

1. Kepemimpinan Dawam Malik,S.Pd.I, M.Pd.I 

Periode ini Sahabat Dawam Malik, S.Pd.M.Pd.I memimpin PMII Tebo dengan Masa Khidmat 2004-2008, pada masa ini PMII berada dalam masa upaya menunjukkan eksistensinya di Kabupaten Tebo.

2. Kepemimpinan Sunardi,S.Pd.I 

Setelah Dawam Malik S.Pd.M.Pd.I Kepengurusan PMII Cabang Persiapan Tebo dilanjutkan oleh Sahabat Sunardi, S.Pd.I yang memimpin PMII Tebo dengan Masa Khidmat 2008-2010. Pada masa ini Sahabat Sunardi melalui Kongres XVI PMII di Batam telah berhasil membawa PMII Tebo menjadi Cabang penuh, sehingga memiliki hak suara hingga saat ini setiap pelaksanaan Kongres PMII. Periode inipun PMII Tebo memiliki Sekretariat non permanen yang terletak di Kilometer 03 Muara Tebo Samping KPUD Tebo.

3. Kepemimpinan Dedi Suhendra,S.Pd.I 

Selesai kepemimpinan Sahabat Sunardi,S.Pd.I, PMII Tebo di pimpin oleh Sahabat Dedi Suhendra, S.Pd.I. Pada masa ini PMII Tebo mulai memiliki anggota yang sangat banyak. PMII semakin dikenal dikampus maupun ditengah masyarakat. Pada masa ini Sekretariat PMII Tebo pindah ke Kilometer 04 Muara Tebo tepatnya di depan simpang RSUD STS Tebo, dan dalam setiap kegiatan Follow Up maupun Mapaba PMII Tebo pada masa ini sering melibatkan pemateri dari luar daerah.
Sahabat Faisal dari Kabupaten Sarolangun yang kerab diundang pada masa Sahabat Dedi Suhendra
4.  Kepemimpinan Ishak,S.Pd.I 

Pasca kepemimpinan Sahabat Dedi Suhendra, PMII Tebo kemudian di pimpin Sahabat Ishak,S.Pd.I Masa Khidmat 2011-2012, dimana pada masa ini PMII Tebo masih bersekretariat di Kilometer 04 Muara Tebo tepatnya di depan simpang RSUD STS Tebo.
Kegiatan di Makam Sultan Thaha Saifuddin
5. Kepemimpinan Ade Saputra Wijaya,S.Pd.I 

Pada periode ini Sahabat Ade Saputra Wijaya, S.Pd.I memimpin PC PMII Tebo dengan Masa Khidmat 2012-2014, dengan sekretariat non permanen yang terletak di Jalan Panglima Syawal Muara Tebo. Pada masa ini, PMII Tebo selain telah melakukan perekrutan masa di Kampus STIT Tebo, dan STIT Al Falah Rimbo Bujang, PC PMII Tebo pada masa ini juga memiliki anggota dari Kampus STIE Kabupaten Tebo.
Seminar Nasional PMII Tebo yang mendatangkan nara sumber dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada masa sahabat Ade Saputra 
Pada masa inipun PMII Tebo sudah dikenal banyak masyarakat dengan seringnya melakukan kegiatan yang bersentuhan langsung pada masyarakat. Selain itu PMII Tebo juga mulai membudayakan kegiatan kunjungan ke Cabang lain guna melakukan evaluasi diri serta menambah wawasan dan pengetahuan, serta mulai melakukan inovasi untuk meningkatkan minat mahasiswa dalam berorganisasi melalui kegiatan olahraga, keagamaan dan lainnya.
Tim perdana Futsal PMII Tebo 
6. Kepemimpinan M.Ricky Wijaya,S.Pd.I 

Pada periode ini PC PMII Tebo di pimpin oleh Sahabat M. Ricky Wijaya, S.Pd.I dengan Masa Khidmat 2014-2016 dengan sekretariat yang terletak di Sekubu Desa Sumber Sari Kecamatan Tebo Tengah. Sahabat Ricky Wijaya dalam masa kepemimpinannya mulai membawa PMII go to Pondok Pesantren.
PMII Tebo melibatkan tokoh agama dan kepolisian dalam kegiatan seminar 
Kehadiran PMII di sejumlah Pondok Pesantren mendapatkan dukungan banyak pihak. Disamping itu PMII dimasa ini juga mulai merambah ketengah masyarakat sebagai pendamping dalam kegiatan yang dilaksanakan masyarakat, baik itu pada kegiatan keagamaan maupun kegiatan umum dengan menjadikan PMII sebagai Friends Work.

7. Kepemimpinan Deby Erwin,S.Pd.I 

Pada tahun ini PC PMII Tebo di Ketuai oleh Sahabat Deby Erwin, dimana saat ini PMII Tebo masih bersekretariat di Sekubu Desa Sumber Sari Kecamatan Tebo Tengah. PMII Tebo pada periode ini terus meningkatkan pemahaman ideologi PMII yang berhaluan Ahlussunah Wal Jama'ah melalui kegiatan pertemuan rutin. Hingga saat inipun Deby Erwin masih memimpin PC PMII Tebo, adapun Ketua Majelis Pembina Cabang (Mabincab) PMII Tebo saat ini adalah Kholilurrahman salah satu penggagas berdirinya PMII Tebo.(*) 

Ditulis Oleh : Ricky Wijaya 
Nara Sumber : Alumni PMII Tebo 

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement