Saturday, 22 October 2016

author photo
Melalui kegiatan ekstrakurikuler siswa dapat bertambah wawasan mengenai mata pelajaran yang erat kaitannya dengan pelajaran di ruang kelas. Melalui kegiatan ekstrakurikuler juga siswa dapat menyalurkan bakat, minat dan potensi yang dimiliki.

Hasil yang dicapai siswa setelah mengikuti pelajaran ekstrakurikuler berdampak pada hasil belajar di ruang kelas,. Terutama pada mata pelajaran tertentu yang ada hubungannya dengan ekstrakurikuler, yaitu mendapat nilai baik pada pelajaran tersebut.

Biasanya siswa yang aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler akan terampil dalam berorganisasi, mengelola, memecahkan masalah sesuai karakteristik ekstrakulikuler yang diikuti. Salah satu kegiatan ekstrakulikuler yaitu kegiatan pramuka.

Pramuka adalah salah satu kegiatan yang mengajarkan peserta didik dalam bidang kemandirian, kebersamaan, watak dan tingkah laku. Selain itu kegiatan pramuka merupakan kegiatan yang wajib didirikan di lingkungan sekolah.

Namun untuk di era zaman globalisasi ini, kegiatan pramuka sudah sangat tidak di pedulikan bagi para pelajar. Semua ini akibat guru tidak mengarahkan peserta didik untuk mengikuti pramuka, kurangnya perhatian terhadap kegiatan pramuk. Dampaknya, banyak kenakalan-kenakalan remaja yang terjadi di lingkungan sekolah seperti perkelahian antar pelajar, kurangnya sopan santun siswa terhadap guru dan sebagainya.

Penulis : Andiyan Antono, mahasiswa STIT Tebo semester V.

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement