Saturday, 29 October 2016

author photo
Revolusi mental dalam rangka hari sumpah pemuda, saatnya revolusi mental & sadar hukum 

Karya : Andiyan Antono
Pemeran sebagai guru : Andiyan Antono guru pramuka, Syamsiatun guru biologi & Sartini sebagai wali siswa.
Pemeran sebagai siswa : Alfian, Tata, Fahmi, Wiwik, Presli & segenap siswa/i SMK Tunas Harapan Tebo.

Judul : Alkisah Seorang Menemukan Jati Diri

Ibu Atun : Selamat pagi anak-anak!
Siswa : Selamat pagi buk!
Ibu Atun : Hari ini ada yang tidak masuk ??
Siswa : Alhamdulilah masuk semua buk !!!!!!
Ibu Atun : oh ya udah bagus kalo begitu, mari kita lanjutkan pelajaran kita "Kali ini ibu akan menjelaskan tentang “bahaya merokok”! ada yang tau apa itu rokok?
Fahmi : rokok adalah suatu zat yg dapat mempengaruhi sistem otak.
Ibu Atun : Ada yang lain?

Presly : Apa “rokok”? apaan tuh, gue aja gak tau haha…
Tata : Hari gini ngak tau rokok katrok lu !
Ibu Atun : Kalian berdua diam saja jangan mengganggu orang yang mau belajar!
Presly : (Ketawa) tadi disuruh jawab,pas dijawab malah dimarahin?
Tata : Ibuk kenapa jadi gak jelas gini dah!
Alfian :: ta, pres kalian jangan seperti itu kepada guru !!!
Wiwik : Benar tuh. Dengerin tuh apa kata alfian, kalian tuh gak ada sopannya,percuma aja kalian disekolahin DI SMK tapi tingkah lakumu masih kayak anak SD
Presly: Berisik lu berdua. ta, keluar aja yuk! Panas gue lama-lama disini terus. tata: Ya udah yuk,gue juga males banget, dari pada disini dengerin omongan orang nggak penting!! (sambil bangun dari kursi dan berjalan keluar kelas)
Ibu Atun : Ya sudah baiklah anak-anak, mari kita lanjutkan materi pembelajaran kita.

Pembelajaran pun dilanjutkan tanpa Presly dan Tata sampai jam pelajaran Biologi berganti. Setelah pelajaran Biologi selesai kemudian jam pelajaran pun akan dilanjutkan dengan pelajaran Pramuka.

Pak Anton : Assalamu’alaikum Wr Wb.
Semua siswa : Waalaikumsalam Wr Wb.
Pak Anton : Baiklah kita lanjutkan pembahasan kita kemarin tentang kenakalan remaja (Sambil melihat keseluruh siswa) Mmmm. . . hari ini ada yang tidak masuk ? :
Semua siswa : Masuk semua pak. .
Pak Anton. : Tapi kenapa 2 kursi masih kosong ? Siapa yang duduk disitu ?
Alfian: Tata sama Presly pak . . . :
Pak Anton : Mereka kemana ? ini jam pelajaran saya, seharusnya mereka mengikuti jam pelajaran pertama sampai waktunya istirahat nanti ?!!!
Alfian : Mereka tadi nggak ikut pelajaran Biologi pak, mereka keluar dan bersikap tidak sopan pada saat pelajaran Viologi pak.
Pak Anton : oh ya udah ntar biar saya kasih sanksi.

Tiba-tiba Tata dan Presly masuk kekelas sambil ketawa keras.

Tata & Presly : Ha ha ha ha ha ha....'"
Pak Anton: Hei kalian berdua dari mana saja? Kalian tau sekarang waktunya mengikuti KBM pramuka?
Tata: Saya tau pak, habis tadi pelajaran Biologi gak jelas dan bikin ngantuk (sambil menundukkan kepala)
Presly : Kita boleh ikut pelajaran kan pak? (sambil memohon dan memegang tangan tata)
Pak Anton : Boleh, dengan syarat kalian harus saya kasih hukuman terlebih dahulu
Presly : hukuman lagi,,hukuman lagi setiap hari kok dapat hukuman terus
Tata : apa hukumanya pak..????
Pak Anton : karna hari ini hari sumpah pemuda jadi kalian silahkan mengucapkan teks sumpah pemuda
Tata : teks sumpah pemuda pak ???manalah saya tau pak
Pak Anton : Masyaallah teks sumpah pemuda aja tidak tau !!!
Tata : gimana mau tau pak guru kami aja tidak menggingatkan hari-hari bersejarah
Alfian : kamu kan punya handphone seharusnya bisa lihat di internet
Pak Anton : makanya kalo punya handphone gunakan hal yang positif jangan cuma sms'n & telponan terus !!! Presly tau ngak ???
Presli : siap saya tau pak
Pak Anton : Ya udah silahkan kamu bacakan biar tata mengikuti
Presly : iya pakkkk !!!!!!!!!!!!!

Presly pun dengan suara lantang mengucapkan teks sumpah pemuda.

Presly : sudah selesai pak, bolehkan kami duduk ??
Pak Anton : iya silahkan
Tata : yes akhirnya boleh ikut belajar juga
Pak Anton : Baiklah, pelajaran kita lanjutkan dengan materi kenakalan remaja ada yg tau apa itu kenakalan remaja ??
Semua siswa : tidak tau pak
Pak Anton : Kenakalan remaja adalah suatu perbuatan yang melanggar norma , aturan , atau hukum dalam masyarakat yang dilakukan pada usia remaja atau transisi masa anak-anak ke dewasa . Kenakalan remaja meliputi semua perilaku yang menyimpang dari norma-norma hukum pidana yang dilakukan oleh remaja. Perilaku tersebut akan merugikan dirinya sendiri dan orang-orang di sekitarnya,

Pak Anton : harus diingat tu karna penting sekali materi ini buat kalian sebagai pelajar.
Alfian : iya pak saya sering menjumpai teman saya ketika jam kosong pada sibuk berduaan sama pacarnya
Pak Anton : kamu sebagai pelajar harus bisa berkreatif ketika ada waktu kosong manfaatkan dengan kegiatan yg positif seperti membaca buku di perpustakaan jangan kamu gunakan jam yang kosong tersebut dengan kegiatan yg negatif . bapak tidak akan menjelaskan panjang lebar tentang kenakalan remaja karena mengingat waktu yang mau habis, mengerti semua ?
Siswa : Mengerti pak , ,

Setelah selesai menjelaskan, Pak Anton memberi tugas.

Pak Anton : karena jam pelajaran sudah habis silahkan hafalkan isi sumpah pemuda, Pancasila & UUD  1945
Fahmi : Harus hafal sekarang pak ?
Pak Anton : Yang harus hafal sekarang sumpah pemuda & pancasila sisanya buat PR
Fahmi: Baik pak !

*Setelah jam sekolah telah usai, Tata dan Presly nongkrong dijalan. Mereka memalaki setiap orang yang lewat, dan uang tersebut dipergunakan untuk membeli minuman beralkohol *

Tata : ada orang lewat tuh, kayaknya orang jutek deh,
Presly: Ya udah, kita palak aja dia. Dia kan orangnya sombong dan kaya tuh!
Tata & presly: (Sambil membawa gunting dan mengancam wiwik) Serahkan uang lu sekarang juga! Kalau tidak lu akan mati!
Wiwik : Ngapain gue kasih ke lu. Memang lu siapa gue?
Tata : Jangan macam-macam lu! Disini nggak ada yang bantu lu! Serahkan saja!
Presly : (tanpa basa basi langsung menarik tas wiwik dan mengancam untuk tidak mengadu kepada guru) Awas lu kalo ngadu! Abis lu!!!
Wiwik: Kembaliin tas gue! (dia menangis dan bergegas untuk pulang)
Tata : Ada berapa uangnya? Kita belikan minuman saja.
Presly: Setuju gue!
Alfian : Astaghfirullah, apa yang sedang kalian lakukan? Mengapa kalian minum sesuatu yang haram?
Oresly: Diam lu! Gue tampar lu!!
Alfian : Kalian telah melakukan hal yang salah. (menggelengkan kepala)
Tata : Apaan sih? Bacot aja!!! alfian: Lebih baik kalian bertaubat saja sebelum terlambat. Kasihan orang tua kalian. (menunjuk tas wiwik) Itu tas siapa? wiwikkan?
Presly : Bukan!!! Nggak usah sok tahu deh.

*Tata dan Presly akhirmya meninggalkan Alfian dan pulang ke rumahnya. Sesampainya di rumah, ternyata ibunya sedang sakit.

Presly : Bu… aku laper nih, mau makan.
Ibu : (batuk dan mukanya pucat) Ambil saja nak, ada di atas meja.
Tata : Apaan lauk setiap hari seperti ini? Gimana aku mau sehat?
Ibu : (sambil mengelus dada) Kamu harusnya bersyukur masih bisa makan.
Presly : Ah, Ibu kerjaannya ceramah aja
Ibu : Ya ampun nak, kamu sudah disekolahkan masih seperti ini.

*Tiba-tiba ada yang mengetuk pintu rumah. Ternyata Alfian dan Fahmi yang datang ke rumah Tata dan Presly.

Alfian & Fahmi : Assalamualaikum.
Ibu : (membuka pintu) Wa’alaikumsalam. Mencari siapa ya?
Alfian: Kami ingin bertemu dengan Presly dan Rata Bu.
Ibu : Sebentar ya. (memanggil Tata dan Presly) Tata, Presly, ada temanmu.
Presly: Ada apa kalian ke rumah gue?
Fahmi : Kita kesini ingin bersilaturahmi dan menjenguk Ibumu yang sedang sakit.
Tata: Capet banget sih! (membuang muka)
Presly : Tau nih! Nggak usah sok perhatian deh, pake jenguk ibu gue segala, toh dia juga nggak kenapa-kenapa.
Tata : Kalian berdua nyumpahin ibu kita sakit?
Fahmi : Bukannya begitu, kita seperti ini tuh karena kita perhatian sama kalian, juga keluarga kalian.
Alfian : Iya, tadi juga kita dapat kabar dari para tetangga kalau ibu kalian tuh sakit. Kita ingin ngecek keadaannya kok, tidak bermaksud nyumpahin.
Ibu : (berteriak dari dalam) Presly, Tata, kenapa temannya tidak dipersilahkan masuk sekalian sediakan minum.
Oresly : yasudah ayo masuk!
Tata : Mau minum apa?
Fahmi: Yang ada saja.
Tata : Kalo lu? (melirik Alfian)
Alfian : Apa saja.
Tata: Bentar!!! (menuju dapur)
Presly: Sebenarnya apa sih tujuan kalian datang kesini?
Fahmi : Kita ingin tahu keadaan ibu kalian sekalian bersilaturahmi.
Presly: Nggak usah bohong deh! Nanti kalau sudah tahu keadaan ibu kita, kalian berdua akan mentertawakan, meledek, dan memberitahu semua orang tentang keadaan keluarga kita, iya kan? Haha basi!!
Alfian: Tidak kok. Kita tidak ada maksud untuk itu. Kita kesini niat baik kok
Tata : (datang membawa minuman)
Presly : Bilang aja ingin cari muka!!
Fahmi: Tidak, pres. Serius deh, kita tidak ada maksud jahat.
Tata: Ya sudah, sekarang kalian sudah pada tahu keadaan ibu kita kan? Terus kalian mau apa?
Fahmi : Oh iya, ini ada sedikit oleh-oleh dari kita. (memberikan buah-buahan yang dibawanya)
Tata : Ya ampun, untuk apa sih membawa oleh-oleh segala? Kan merepeotkan. (mengambil buah-buahan yang diberikan Fahmi)
Alfian : Tidak apa-apa kok. (sambil tersenyum)
Oresly : Kok kalian baik sekali sih sama kita? Kita kan sudah jahat sama kalian. alfian : Hehe.. itulah gunanya teman, pres. Saling membantu satu sama lain. Kita tidak ingin melihat teman kita sendiri kesusahan. Kita inginnya tuh senang sama-sama dan susah juga sama-sama.
Fahmi : Benar tuh kata Alfian. Apapun yang kalian butuhkan, selagi kita masih bisa membantu, pasti kita bantu kok. (tersenyum kearah Presly dan Tata) Oh iya, satu lagi. Kejadian yang kalian lakukan saat pelajaran biologi itu, tidak boleh kalian ulangi lagi ya. Soalnya kata ibuku, seorang anak yang melawan orang tua, walaupun bukan orang tuanya sendiri, akan menjadi anak durhaka dan sudah pasti masuk neraka.
Tata & Presly : Iya deh. Kita tidak akan seperti itu lagi.
Alfian: Janji nggak nih? (menunjuk kearah Presly dan Tata sambil tersenyum)
Presly : Hmm, janji nggak yaaa? Haha janji kok!
Tata: Janji! (dengan suara lantang)
Fahmi: Oke deh. Kalau begitu, kita berdua pamit ya, besok kan kita masih harus sekolah.
Tata : Ya sudah, gue antar sampai pintu ya.
Fahmi: Iya, tidak apa-apa kok.
Tata : Ya sudah kalian berdua hati-hati dijalan ya. Oh iya, makasih banyak ya oleh-olehnya.
Alfian & Fahmi : Iya, sama-sama (sambil berjalan keluar)
Presly: (tiba-tiba berlari dan berteriak) Kapan-kapan main lagi ya.

*setelah satu minggu berlalu, jam kedua saat pelajaran pramuka suasana kelas mulai terlihat berbeda

Pak Anton : Selamat pagi anak-anak.
Siswa : Pagi pak
Pak Anton : Bagaimana kabar kalian hari ini? :
Siswa : Baik, Pak.
Pak Anton : Sepertinya suasana kelas berbeda ya pagi ini? Terlihat lebih tentram.tidak seperti satu minggu yang lalu
Alfian : Haha.. Iya nih, Pak. Tumben sekali Presli dan Tata tidak buat ulah lagi. Ada angin apa ya?
Presli : Haha.. emang pengen banget ya, kita buat ulah lagi? Kita kan sekarang sudah taubat. Iya tidak, Ta? (melirik kearah Tata)
Tata: Iya dong. Kita sekarang ingin menjadi anak yang sopan dan berprestasi bagi nusa dan bangsa. Hehe.saatnya kita tertib pak & sadar hukum kan sudah jamannya revolusi mental pak hehe
Alfian : itu baru namanya pemuda harus kreatif kalo di sekolah jangan cuma pacaran terus,udah tidak zaman nya lagi kita sebagai siswa nakal,sekarang zamanya sudah maju harus banyak-banyak cari pengalaman
Pak Anton : luar biasa buat kalian semua,, Bagus deh kalau begitu. Ternyata kalian itu anak yang baik ya. Pasti berkat kerja keras fahmi dan alfian nih kaian bisa seperti ini.
Tata : Hehe.. Iya nih. Makasih ya mi, fian. Gara-gara kalian, kita jadi sadar akan kesalahan kita. (tersenyum kearah Fahmi dan Alfian)
Pak anton : Nah anak-anak, kejadian ini kita jadikan sebagai pelajaran untuk masa depan. Tidak boleh melakukan hal yang sama seperti ini lagi ya, ingat masa depan kalian masih panjang, kalian" lah penerus bangsa ini
Siswa : Iya pak.

*Ahirnya pelajaran pramuka pun dilanjutkan dengan suasana riang gembira.

Penulis : Andiyan Antono, mahasiswa STIT Tebo dan Pembina Pramuka SMK Tunas Harapan

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement