Thursday, 29 September 2016

author photo
PORTALTEBO.com - Tidak dapat dipungkiri bahwa sejak ditingkatkannya anggaran Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) oleh Pemerintah, pembangunan sarana dan prasarana berupa infrastruktur terlihat semakin menggeliat, bahkan semangat pengurus dusun maupun desa semakin meningkat.

Pantauan PORTALTEBO.com pada sejumlah desa dalam wilayah Kecamatan Tebo Tengah dan Sumay yang selama ini mayoritas jalan lorong hanya dalam bentuk setapak tanah, saat ini justru mengalami perubahan signifikan, yaitu dibangun rabat beton.
Tidak hanya itu, untuk meningkatkan hasil produksi sawah para perangkat desa di sejumlah kecamatan inipun mengambil kebijakan melakukan pemagaran keliling sawah, disamping itu sarana kepemudaan pun tidak luput dari mengalami peningkatan.

Seperti dipantau media ini pada akun Facebook Camat Kecamatan Tebo Tengah, Soleh memposting sejumlah realisasi pembangunan di desa,"diskusi dengan warga tentang perkembangan pembangunan di desa, jangan lupa sawahnya kan sudah dipagar,  jadi segera turun ke sawah,"ujar Soleh.

Sementara itu dilansir media nasional JPNN.com bahwa Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) Eko Putro Sandjojo mengatakan bahwa pemerintah pusat berencana akan terus menambah dana desa, sebagai komitmen nyata membangun Indonesia dari pinggiran.

"Pada 2015, dana desa baru berkisar Rp 22,7 triliun. Jumlah tersebut meningkat menjadi Rp 46,8 triliun di 2016. Kemudian akan naik menjadi Rp 70 triliun di 2017, naik lagi menjadi Rp 103 triliun di 2018 dan Rp 111 triliun di 2019. Dana desa tahun ini dibagi untuk 74.754 desa. Sedangkan tahun depan jumlah desa bertambah menjadi 74.954 desa. Jadi tahun ini rata-rata dana desa saja Rp 600-700 juta/desa," ujar Eko, selengkapnya di JPNN.com.(tim)

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement