Monday, 5 September 2016

author photo
PORTALTEBO.com - Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang mulai diberlakukan tahun 2015 kemarin, menjadi hal yang terus menarik perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tebo. Terbukti, Senin (5/9/2016), di aula kantor Dinas Disperindagkop dan UKM Tebo, Pemkab Tebo melalui dinas Disperindagkop Tebo melaksanakan Sosialisasi Peningkatan Pengunaan Produk Dalam Negeri Untuk Menghadapi Pasar Bebas MEA. Sosialisasi ini guna mengedukasi masyarakat terkait arti dan kesiapan menghadapi MEA.

Kepala Dinas Perindagkop dan UMKM Tebo, Zulkarnaini mengatakan jika saat ini masih minimnya masyarakat yang mengerti tentang MEA. Untuk itu, pihaknya melaksanakan sosialisasi apa makna dan bagaimana kiat-kiat kita menghadapi MEA.

"Jangan sampai ada lagi anggapan bahwa pemerintah terlebih pemerintah daerah tidak memberikan informasi, sosialisasi dan edukasi terkait MEA,” katanya.

“Kita pahami benar bahwa sebagai daerah otonomi baru, Kaltara masih dengan keterbatasannya. Namun, saya optimistis Kaltara mampu berkontribusi aktif dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN nanti dan mampu menjadi provinsi yang terdepan,” ujarnya.

Sementara, Abu Bakar Asisten II dalam sambutannya mengatakan, sosialisasi ini merupakan salah satu jawaban atas MEA yang telah di sepakatkan pada 2015 kemarin. Dengan sosialisasi ini diharapkan para UMKM Tebo dan produk-produk Tebo mampu bersaing.

"Kedepannya, masyarakat Tebo wajib mengunakan produk asli Tebo," tegas Abu Bakar.

Tidak itu saja, Abu Bakar juga berharap dengan sosialisasi ini bisa meningkatkan produk lokal Jambi, terutama Kabupaten Tebo. "Tentunya produk baik, halal dan terjamin kesehatannya. Dan Disperindagkop harus membantu memasarkan produk pelaku-pelaku UMKM ini, "tuntasnya.

Untuk diketahui, selain dibukanya dan dihadiri oleh Abu Bakar Asisten II Sekda Tebo, sosialisasi tersebut dihadiri juga oleh Dinas Perindakop Provinsi Jambi sebagai pemateri, Kamenag Tebo, Dinas Kesehatan Tebo, perwakilan dari beberapa UMKM dan kepala desa. (p08) 

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement