Thursday, 22 September 2016

author photo
PORTALTEBO.com - Ratusan pendukung dan simpatisan pasang calon Bupati dan Wakil Bupati Tebo, Hamdi-Harmain (calon Bintang), Kamis siang (21/9/2016), ikut menghantar bakal calon Bintang mendaftar di KPUD Tebo. Pasangan Bintang ini diusung oleh tiga partai besar yaitu, Demokrat, Nasdem dan Gerindera.

Sayangnya, pendaftaran tersebut terpaksa diundur oleh KPUD Tebo hingga pukul 22.00 Wib. Pasalnya, salah satu partai pengusung yaitu partai Gerindra tidak bisa menunjukan surat rekomendasi asli, atau hanya melampirkan surat rekomendasi hasil scen.

Terkait hal itu, Gaman Sakti Anggota Panwas Kabupaten Tebo, saat dikonfirmasi PORTALTEBO.com menyayangkan tindakan yang diambil oleh KPUD Tebo.

"Seharusnya KPUD Tebo bekerja profesional dan sesuai aturan dalam mengambil tindakan. Kan sudah jelas dalam aturan jika partai pengusung itu harus melampirkan surat rekomendasi yang asli (stempel dan tanda tangan basah), bukan hasil scen, "kata Gaman, Kamis (21/9/2016).

Dijelaskannya, ada tiga partai pengusung balon pasanganHamdi-Harmain yaitu partai Demokrat Nasdem dan Gerindera. Saat verifikasi bahan, partai Demokrat dan Nasdem memenuhi syarat.

"Demokrat dan Nasdem ada 8 kursi (dewan). Artinya sudah memenuhi unsur untuk mengusung calon. Untuk satu calon kan dibutuhkan 20 persen dari 35 anggotadewan atau 7 kursi. Jadi dengan partai Demokrat dan Nasdem, Hamdi-Harmain sudah bisa mendaftar, "jelasnya.

"Jadi ketika partai Gerindra tidak bisa menunjukan surat rekomendasi yang asli, pendaftaran bisa ditunda hingga besok pagi. Kan waktunya masih ada. Atau ditawarkan kepada partai Gerindra untuk jadi partai pendukung,"jelasnya lagi.

Untuk itu, Gaman berharap agar KPUD Tebo bisa bekerja secara profesional dalam mengambil tindakan. "Aturan pendaftaran kan sudah jelas. Jadi seharusnya jalankan secara profesional, "tuntasnya. 

Diketahui, pendaftaran Hamdi-Harmain yang sejak Pukul 15.00 Wib berjalan lancar, tiba-tiba mengalami beberapa persoalan saat tiba pada pemeriksaan surat rekomendasi dari Partai Gerindra. Alhasil Komisioner KPU Tebo melakukan pleno untuk mengambil keputusan.

Hanya saja selang beberapa jam sekitar Pukul 17.00 Wib lewat kembali dipanggil Hamdi-Harmain dan seluruh partai pengusung, berjalan beberapa menit dari pantauan PORTALTEBO.com kembali dilakukan skorsing.

Ketua KPU Tebo Basri saat dikonfirmasi mengenai apakah surat rekomendasi Gerindra yang hanya scan tersebut menjadi penyebab di skorsing proses pendaftaran Hamdi-Harmain hingga Pukul 22.00 Wib nanti, Basri menjawab bukan hal tersebut.

"Bukan itu, itu belum selesai, kita skorsing tadikan ada yang alasan belum sholat ashar, dan ini juga sudah mau sholat magrib, jadi kita skorsing aja sekalian selesai sholat Isya,"demikian penjelasan Basri.

Sementara itu dengan di skorsingnya hingga Pukul 22.00 Wib, Hamdi-Harmain dan seluruh pendukungnya meninggalkan KPU Tebo untuk menunaikan sholat magrib. (tim) 

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement