Monday, 26 September 2016

author photo
BI: Indonesia Tak Lagi Bisa Bersandar Pada Ekonomi Global

PORTALTEBO.com - Dikutip dari situs detik.com bahwa ketergantungan ekonomi Indonesia kepada banyak negara di dunia tidak lagi bisa dilakukan dalam beberapa waktu ke depan. Pelemahan ekonomi global yang semakin terasa kian berdampak pada ekonomi Indonesia.

Direktur Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia (BI) Yoga Affandi menyebutkan bahwa ekonomi Indonesia ke depannya tidak lagi bisa bergantung kepada ekonomi global. Turunnya volume perdagangan internasional serta anjloknya harga komoditas menjadi faktor utama lemahnya pertumbuhan ekonomi global.

"Ke depan kita tidak bisa lagi bersandar pada pertumbuhan ekonomi global. Sebetulnya agak bahaya karena kita akan domestic oriented," jelas Yoga di Kantor Perwakilan BI Semarang, Sabtu, (24/9/2016).

Salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi terbesar di dunia saat ini seperti China juga tengah merasakan dampak dari pelemahan ekonomi global. Pertumbuhan ekonomi China juga turut berpengaruh terhadap Indonesia karena besarnya transaksi perdagangan antara kedua negara ini.

"Faktor global lainnya adalah China di mana masih jadi magnet pertumbuhan ekonomi dunia. Kalau China stabil, tentu akan dorong ekonomi Indonesia," tutur Yoga.

Namun tidak perlu khawatir, sumber pertumbuhan ekonomi Indonesia yang beragam membuat Indonesia lebih mampu menghadapi pelemahan ekonomi global. Berbeda dengan Brasil dan Rusia yang hanya mengandalkan pertumbuhan ekonomi dari komoditas, sehingga ketika harga komoditas anjlok ekonomi mereka sangat terdampak.

"Indonesia itu ekonomi luar biasa, dia terdiversifikasi. Beda dengan Brasil dan Rusia yang akibat penurunan harga komoditas langsung ambruk. Kita masih stay di 5%, tidak heran likuiditas banjir masuk ke Indonesia. Indonesia seimbang antara ekspor dan konsumsi," ujar Yoga.

Sumber Detik.com 


This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement