Thursday, 1 September 2016

author photo
PORTALTEBO.com - Kodim 0416-Bute melalui Kpt Inf Zulkarnaini Danramil 416-04 Pulau Temiang, Kamis (1/9/2016), melakukan sosialisasi penanaman padi dengan sistim jajar legowo kepada petani di Desa Mandiangin, Kecamatan Tebo Ulu, Tebo.

Zulkarnaini mengatakan, sosialisasi yang dilanjutkan dengan praktek tersebut merupakan salah satu langkah dalam meningkatan ketahanan pangan.

"Tugas kita (TNI) bukan saja mengamankan wilayah, tetapi juga melaksanakan tugas yang mulia yaitu membantu para petani dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan, "kata dia pada PORTALTEBO.com.

“Karena itu jangan heran kalau masyarakat melihat para Babinsa ikut terjun ke sawah berbaur dengan para petani,”ujar Danramil.


Lanjut dia, selama ini para petani di wilayah Koramil 416-04 Pulau Temiang belum begitu mengenal tentang tata cara bercocok tanam yang modern, yaitu dengan pola atau cara jajar legowo. Keuntungannya dari sistim ini adalah mampu meningkatkan produksi padi.

"Sebab dengan sistim jajar legowo, kita memberikan ruang sirkulasi udara dan sinar matahari yang teratur. Dampak dari sistim ini adalah memberi kemudahan terhadap pemeliharaan tanaman padi, dan bisa menekan dengan signifikan terhadap serangan hama padi. Selain itu pertumbuhan padi juga akan lebih bagus,” pungkasnya. (p08) 

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement