Tuesday, 13 September 2016

author photo
PORTALTEBO.com - Setelah siswa SD 44 Teluk Singkawang, Kecamatan Sumay, Hari ini, Selasa (13/9/2016), sebanyak 151 siswa SD Al-Wasliyah Tebo Kecamatan Tebo Tengah, mendapat Kartu Indititas Anak (KIA). Penyerahan KIA ini pun langsung dilakukan oleh Lukman, SH Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Tebo.

"Ada 151 siswa yang kita data dan kita cetak KIA nya. Hari ini kita serahkan langsung ke siswanya," ujar Lukman pada PORTALTEBO.com.

Dijelaskan Lukman, KIA merupakan data kependudukan untuk anak mulai dari usia 0-17 tahun. Untuk anak 0-5 tahun, KIA pada kolom photo dikosongkan (tidak pakai photo). Sedangkan untuk anak usia 5-17 tahun, KIA memakai photo.

Lanjut Lukman, saat ini pun pihaknya sangat bersyukur. Pasalnya, dari 514 Kabupaten kota se Indonesia, Tebo urutan ke delapan dipercaya untuk menerbitkan KIA. Dan untuk Provinsi Jambi, Tebo satu-satunya Kabupaten yang menerbitkan KIA.

Ada kriteria tersendiri atas dipilihnya Kabupaten Tebo sebagai Kabupaten yang dipercaya untuk menerbitkan KIA, diantaranya, Tebo telah mencapai target pencetakani Akte kelahiran. Atas keberhasilan ini, Tebo juga mendapat piagam penghargaan dari Dirjen Dukcapil Jakarta.

Untuk itu, Lukman menghimbau kepada seluruh masyarakat Tebo yang ingin anaknya memiliki KIA, untuk mengurus nya ke Dina Dukcapil Tebo. Tentunya dengan melengkapi persyaratan yang telah ditentukan.

"Syaratnya membawa harus membawa photo copy KK, KTP orang tua dan akta kelahiran. Untuk anak usia 0-5 bisa dicetak langsung, sedangkan untuk anak usia 5-17 harus diphoto, karena KIA nya memakai photo, "pungkasnya. (p08) 

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement