Friday, 9 September 2016

author photo
PORTALTEBO.com - Dibalik kesuksesan pembuatan film pendek Kamu? yang ditampilkan dalam ajang FLS2N Manado 2016 Tingkat Nasional, ternyata disamping semangat dan kerja keras Ilham, Gusti, dan Rama siswa Kelas XI SMAN 3 Tebo serta Pembina Rizki Niko yang merupakan guru honorer Bahasa Indonesia di sekolah tersebut, ada 7 fakta unik dibalik kesuksesan pembuatan film ini.

1. Sutradara film pendek Kamu? ternyata adalah siswa SMAN 3 Tebo 

Teknis pembuatan film pendek ini fiure dari siswa itu sendiri, mulai dari pemeran, sutradara, sampai kameramen itu semua dari siswa itu sendiri, yaitu Gusti. Namun sebelum mereka berangkat ke Manado dibina terlebih dahulu di sekolah asal maupun di Provinsi, kalau pembinaan di sekolah kebetulan itu saya sendiri.

2. Film pendek Kamu? Hanya digarap dalam waktu Dua hari 

Untuk pengambilan gambar hari pertama dikasih waktu dari jam 6:00 pagi sampai jam 6:00 sore, dan apabila belum selesai di kasih lagi waktu pada hari kedua sampai jam 12:00 siang, sedangkan dari jam 12:00 siang ke jam 12:00 malam itu proses pengeditan, jadi proses dalam pembuatan pilem pendek ini kira-kira Dua hari Dua malam.

3. Lokasi pembuatan Film di SMA Lakon St. Manado

Sempat digarap terlebih dahulu di Kabupaten Tebo, karena mengikuti teknis dari panitia, maka penggarapan dan lokasi syuting pembuatan film ini di laksanakan di SMA Lakon St. Manado salah satu sekolah tuan rumah FLS2N 2016.

4. Ide Pembuatan Film terinspirasi dari perilaku anak muda saat ini

Film ini terinspirasi dari kondisi perilaku anak muda saat ini, dimana setiap anak muda memiliki kuasa atas dirinya untuk memilih jalan baik atau buruk dalam kehidupannya, dalam film inipun dipertegas bahwa tujuan dari film pendek ini benar-benar ingin memberikan pilihan kepada penonton jalan mana yang akan mereka pilih.

5. Film pendek Kamu? bukan film pertama yang digarap oleh siswa SMAN 3 Tebo

Keberhasilan yang di torehkan para siswa SMAN 3 Tebo pada ajang bergengsi FLS2N Manado Tingkat Nasional ternyata bukan hadiah semata, melainkan atas kerja keras yang dilakukan secara konsisten, sebab film Kamu? yang di garap di Manado tersebut merupakan film yang kesekian kalinya di garap siswa SMAN 3 Tebo.

6. Alat pembuatan film pendek Kamu? terburuk Ketiga Se-Indonesia

Diakui oleh tim dan Pembina siswa SMAN 3 Tebo yang mewakili Jambi di FLS2N Manado, bahwa fasilitas yang digunakan adalah alat sealakadarnya. Namun tidak dipungkiri atas kerja keras dan ide cerita yang memukau, film ini lolos ke peringkat kedua, bahkan menurut informasi merupakan alat terburuk ketiga dari seluruh peserta Se-Indonesia.

7. Dibalik kesuksesan pembuatan film ini ada sosok misterius yang mengorbankan uangnya. 

Selain potensi siswa yang sangat berbakat, dan pembina yang sangat luar biasa, ternyata di balik kesuksesan pembuatan film ini ada seseorang yang tidak mau disebutkan namanya, dimana orang tersebut rela memberikan uang pribadinya demi mensuport anak-anak yang ikut lomba tersebut.(p04)

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement