Wednesday, 24 August 2016

author photo
Kadis Dukcapil Tebo saat melakukan perekaman e-KTP beberapa waktu yang lalu 
PORTALTEBO.com - Untuk meningkatkan pendataan, perlindungan dan pelayanan publik serta sebagai upaya memberikan perlindungan dan pemenuhan hak terbaik bagi anak, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Tebo, bakal mengeluarkan KTP anak-anak untuk usia 0-17 tahun. Hal itu dikatakan oleh Kepala Dinas Dukcapil Tebo melalui Abdi Harto Kepala Bidang Pencatatan Kependudukan Dinas Dukcapil Tebo.

"Kalau kita (usia 17 tahun keatas) namanya KTP, kalau anak-anak namanya Kartu Identitas Anak (KIA), "ujar Abdi pada PORTALTEBO.com.

Dijelaskannya, KIA digunakan sebagai identitas resmi anak sebagai bukti bahwa pemilik kartu adalah anak berusia di bawah 17 tahun dan belum menikah. Kartu ini akan diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tebo.

"Ini sesuai dengan Permendagri Nomor 2 Tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak, pemerintah berkewajiban untuk memberikan identitas kependudukan kepada seluruh warga Indonesia, termasuk anak-anak sebagai upaya perlindungan, dan pemenuhan hak konstitusional, kata dia.

Lebih jauh Dijelaskannya, KIA untuk anak usia 0-5 tahun tidak mengunakan photo. Sedangkan KIA untuk anak usia 5-17 mengunakan photo.

Untuk itu, Abdi menghimbau kepada seluruh masyarakat Tebo agar segera mengurus KIA atau KTP untuk anak. "Pengurusannya bisa langsung ke Dinas Dukcapil atau melalui RT masing-masing," tuntasnya. (p08) 

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement