Monday, 11 July 2016

author photo
PORTALTEBO.com - Ratusan hektar sawah milik petani di Desa Penapalan, Kecamatan Tengah Ilir, Kabupaten Tebo, terancam gagal panen akibat dilanda kekeringan. Saat ini pun para petani menunggu solusi dari Pemkab Tebo. Hal itu dikatakan salah seorang petani Dede kepada PORTALTEBO.com, Senin (11/7/2016).

"Kami sangat mengharapkan kesigapan dari Pemerintah kabupaten Tebo untuk mencari solusi atas kekeringan yang melanda sawah kami. Diperkirakan ada sekitar ratusan hetar yang di landa kekeringan dan bakal gagal panen, " ujarnya.

Saat ini, lanjut dia, kondisi daun tanaman padi milik petani sudah menguning akibat kekeringan. Diperkirakan, jika dalam satu minggu kedepan tidak turun hujan, tanaman padi tersebut akan mati. "Kami pasrah saja dengan kondisi ini,"kata dia.

"Kalau ini gagal panen lagi, bearti ini yang kedua kali. Setelah ini kami tidak akan mau menanam padi lagi," ucapnya.

Yang disayangkan, lanjut dia, tahun 2015 kemarin Pemkab Tebo membangun irigasi di lahan sawah petani. Sayangnya, irigasi tersebut terkesan dibangun asal jadi. Akibatnya, irigasi tersebut tidak bisa dimanfaatkan.

"Memang tahun 2015 kemarin dibangun irigasi. Tapi tidak bisa dialiri air. Jadi percuma saja ada irigasi kalau tidak bisa dimanfaatkan alias mubazir," tuntasnya. (p05) 

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement