Tuesday, 28 June 2016

author photo
Ilustrasi 
PORTALTEBO.com- Salah seorang netizen mengirim pertanyaan kepada PORTALTEBO.com, dengan pertanyaan sebagai berikut.

"Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh.

Selamat malam wahai ustadz, saya mau bertanya,saya seorang istri yg baru saja menikah dan setelah hampir 2 tahun baru diberi rezeki seorang anak laki-laki, disini saya ingin bertanya, apakah seorang istri berdosa jika meminta bantuan suami pada saat si istri sedang lelah karena semalaman dan seharian mengasuh si bayi yg sedang rewel, dan apakah si suami harus selalu mementingkan keluarganya (ibu,kakaknya) dari pada permintaan tolong seorang istrinya yg sedang membutuhkannya, Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh," tanya netizen.

Berikut jawaban Ustadz Firdaus S.Pd.I, M.Pd.I :

"Wa'alaikumussalam Warahmatullahi Wabarokatuh

Bismillahirrahmanirrahim
Suami istri, masing-masing mempunyai hak dan kewajiban. Diantara hak istri yg wajib di penuhi suami adalah mendapat perlakuan yg baik dari suaminya (lihat Q.S. An-Nisa': 19). Sedangkan hak suami yg wajib di penuhi istri diantaranya adalah istri wajib ta'at kepada suami dalam segala hal yg bukan maksiat.

Hakim meriwayatkan dari 'Aisyah ra, bahwa ia bertanya kepada Rasulullah SAW, "siapakah yg haknya harus lebih di utamakan oleh wanita?" Beliau menjawab, "suaminya", 'Aisyah bertanya lagi, "siapakah yg haknya harus diutamakan oleh lelaki?", Beliau menjawab, "Ibunya".

Istri yg kelelahan mengurus anak, kemudian minta tolong kepada suaminya dalam suatu urusan, maka tidak berdosa, tapi tetap dengan cara yg baik, dan memang sudah selayaknya suami menolongnya. Berkenaan suami yg selalu mementingkan ibunya maka bila itu permintaan/perintah ibunya, maka wajib ia laksanakan. Tapi, kalau memang menolong istri mungkin lebih mendesak, maka bisa di komunikasikan dg ibunya untuk menunggu sampai urusan di rumahnya selesai.

Kuncinya adalah bagaimana melihat seberapa mendesak urusan, tetap berbaik sangka, dan komunikasi yg baik antara suami, istri dan orangtua. Wallahua'lam bis shawab," jelas Ustadz.

Semoga Bermanfaat.(p03) 

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement