Thursday, 30 June 2016

author photo
PORTALTEBO.com - Sukandar Bupati Tebo, Rabu (29/6/2016), hadir pada acara buka bersama Forum Wartawan Harian Tebo (For WHAT), di rumah makan Sederhana Tebo.

Dalam acara itu, dia mengatakan jika selama ini Pemkab Tebo selalu menjaga hubungan baik dengan seluruh wartawan. Hal itu dilakukan demi untuk mensukseskan pembangunan di Tebo.

"Banyak wartawan yang mengkritik keras atas kinerja saya selama ini, tetap saya perlakukan sama. Sebab wartawan itu adalah mitra kita, "ujar Sukandar.

Meski demikian, Sukandar minta kepada seluruh wartawan untuk membuat berita yang berimbang, sehingga membuat masyarakat memahami program yang sedang dilakukan pemerintah. Mengingat, wartawan itu merupakan corong utama dalam menyampaikan informasi.

"Peran serta media sangat dibutuhkan untuk membantu pemerintah mempublikasikan berbagai kegiatan. Seperti mengekspos program yang sudah dilaksanakan maupun program yang akan dilaksanakan," kata dia.

Menurut Sukandar, karya wartawan berupa pemberitaan bisa berdampak baik bagi pemerintah, namun berita wartawan juga bisa berdampak buruk atau menjatuhkan pemerintah. Untuk itu, dia minta kepada wartawan bisa menyajikan berita yang positif terhadap pemerintah.

 "Buatlah berita yang berimbang dan memberikan kritik membangun agar pembaca tidak salah persepsi. Sebab, setahu saya wartawan melaksanakan tugas jurnalistik dengan memegang teguh kode etik jurnalistik, agar berita yang disajikan berimbang dan dapat dipertanggung jawabkan," kata Sukandar lagi saat berbincang dengan sejumlah wartawan.

Sukandar juga mengingatkan kepada wartawan agar tidak sampai membuat berita yang dapat menimbulkan fitnah di tengah-tengah masyarakat. Wartawan harus melakukan konfirmasi sebelum berita itu diterbitkan agar berimbang, sehingga masyarakat mengeterti dengan informasi yang telah disajikan ke publik.

"Tugas pers sangat mulia. Karena, sebagai kontrol sosial yang diharapkan dapat menyajikan berita yang aktual, sesuai fakta, tidak berita yang sifatnya praduga dan menduga-duga. Apabila itu ditemui, diharapkan insan pers segera melakukan klarifikasi kepada pihak terkait," harapnya mengakhiri. (p05)

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement