Wednesday, 22 June 2016

author photo
Ilustrasi 
PORTALTEBO.com - Dikutip dari situs BERITASATU.com bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor menyediakan 40 liang kuburan pada Lebaran nanti. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi minimnya petugas saat hari raya.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pemakaman, Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Bogor Toto Guntoro mengatakan, liang kubur disediakan di delapan tempat pemakaman umum (TPU). Pada masing-masing TPU digali lima liang kubur.

"Semuanya akan disediakan lima hari sebelum perayaan Idul Fitri 2016," ujar Toto di kantornya, Senin (20/6)

Delapan TPU yang disediakan liang kubur tersebar di empat kecamatan. Diantaranya, TPU Kayumanis dan Blender di Kecamatan Tanah Sareal, TPU Cimahpar di Kecamatan Bogor Utara, dan TPU Situ Gede di Kecamatan Bogor Barat.

Sementara empat TPU lainnya yakni TPU Dreded, Cipaku, Mulyaharja dan Gunung Gadung terletak di Kecamatan Bogor Selatan. "Tahun lalu, kami sediakan dengan jumlah yang sama. Ada dua yang terpakai," kata dia.

Seperti warga umumnya, petugas gali kubur di delapan TPU tersebut libur saat perayaan hari raya Idul Fitri. Penyiapan liang kubur diharapkan dapat mempermudah warga yang membutuhkan pemakaman saat hari raya.

Toto menambahkan, penggalian liang kubur di Kota Bogor baik jelang lebaran atau hari biasa, sama sekali tidak dikenakan biaya. Hanya saja, warga perlu membayar biaya sewa lahan makam yang besarannya variatif, sesuai luasan tanah yang dipakai.

Lahan makam dengan ukuran standar (1X2 meter), ditarif Rp 25.000 pertahun. Khusus di TPU Gunung Gadung, tarif yang dikenakan lebih tinggi yakni Rp 152.000 per tahun.

"Untuk di Gunung Gadung biasanya digunakan oleh umat tertentu dengan luasan 0-12 meter. Biaya sewanya Rp 152.000 per tahun, jika ada lebih dihitung Rp 10.000 per meter," tambah Toto.

Sumber BERITASATU.com

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement